Unduh Aplikasi

Berpuasalah di Hari Fitri

Berpuasalah di Hari Fitri
Ilustrasi: Cliptartkey.

IDUL Fitri adalah hari penting. Ini adalah hari kemenangan yang dirayakan oleh setiap umat muslim setelah berpuasa selama satu bulan penuh, sepanjang Ramadan.

Namun eforia ini hendaknya juga dibarengi dengan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19. Jangan sampai, lebaran malah menjadi waktu yang tepat bagi virus corona untuk menyebar.

Di Banda Aceh, pusat pemerintahan Aceh, masyarakat diimbau untuk melaksanakan salat di tempat terdekat dari rumah mereka, entah itu masjid, meunasah, atau lapangan. 

Para jamaah juga diwajibkan mengenakan masker, bahkan berwudhu, sejak dari rumah. Ini adalah salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas. 

Para pejabat, terutama kepala daerah, juga hendaknya menahan diri untuk tidak menggelar open house sebagai bagian dari kegiatan halal bi halal. Semakin sedikit kerumunan tercipta, semakin sedikit pula potensi penyebaran.

Dalam dua tahun ini, suasana lebaran memang tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tidak tertutup kemungkinan, hal ini akan berlangsung hingga bertahun-tahun ke depan.

Yang kita perlukan saat ini adalah kemauan untuk berubah dan beradaptasi. Kita tentu merindukan suasana yang sama, seperti perayaan Idul Fitri yang lalu-lalu. Bersalam-salaman. Berkumpul dengan banyak orang. Namun untuk saat ini, kita masih harus berpuasa. 

Komentar

Loading...