Unduh Aplikasi

Bermasalah Saat Transaksi di ATM, Nasabah Bisa Lapor ke BI Lhokseumawe

Bermasalah Saat Transaksi di ATM, Nasabah Bisa Lapor ke BI Lhokseumawe
Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Kota Lhokseumawe, Foto: Net.

LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Lhokseumawe menyebutkan jika ada warga atau nasabah di daerah itu yang mengalami kesulitan saat bertransaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bisa melaporkan ke BI setempat.

“Jika terdapat permasalahan, hambatan, dalam proses transaksi masyarakat di bidang system pembayaran, bisa datang langsung ke Kantor BI,” kata Kepala KPw-BI Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo, Sabtu (8/5).

Permasalahan atau hambatan yang dimaksud, misalnya terdebet rekeningnya tapi uang tidak keluar, terus mentransfer tapi tidak sampai tujuan atau dikenakan biaya di luar kewajaran seharusnya.

“Boleh datang ke Bank Indonesia Lhokseumawe, bisa menyampaikan ke kami dengan syarat tolong bawa lengkap buktinya,” ujarnya.

Menurut Yukon, ada namanya teori loket, kalau sudah menarik uang di ATM, tapi komplin uang tidak cukup dan palsu setelah keluar dari ruangan tersebut, tidak bisa diterima oleh perbankan,

“Jadi caranya, kalau sudah tarik uang di ATM, dicek di tempat, dan jika merasa ragu atas jumlahnya, perlihatkanlah uangnya ke CCTV yang ada di ATM, perlihatkan dekat-dekat, agar terlihat nomor serinya dan gambarnya,” tutur Yukon.

Sebelum ke Kantor BI, lanjut Yukon, costumer harus terlebih dulu menyelesaikan hal itu dengan bank terkait. Jika memang tidak ada titik temu, maka bisa langsung ke BI Lhokseumawe, disini pihaknya akan memediasi antara perbankan dan nasabah.

“Hanya untuk masalah system pembayaran yang bisa dilaporkan ke BI, bukan untuk kriminal atau suku bunga dan lainnya,” imbuh Yukon.

Komentar

Loading...