Unduh Aplikasi

Berkedok Dukun Penglaris, IRT di Aceh Barat Diciduk Polisi

Berkedok Dukun Penglaris, IRT di Aceh Barat Diciduk Polisi
Barang bukti yang diamankan dari pelaku. Foto: Ist

ACEH BARAT - Karena motif ekonomi, seorang ibu rumah tangga berinisial RT (31), di Kabupaten Aceh Barat melakukan penipuan dengan berpura-pura jadi dukun. Pelaku mengaku memiliki ilmu penglaris kepada beberapa korban yang ditipunya.

Kedok itu pun terbongkar karena apa yang disampaikan RY tidak kunjung ada. Karena merasa tertipu, sejumlah korban pun melaporkan peristwa tersebut ke Kepolisian Sektor Meureubo, Polres Aceh Barat.

Kepala Kepolisian Resor Polres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Andrianto Argamuda melalui Inspektur Polisi Dua Vitra Ramadani mengatakan dalam melakukan aksinya itu, pelaku meminta korban menyerahkan emas sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

“Untuk meyakinkan calon korbannya, pelaku RY diduga mengaku memiliki keahlian penglaris, untuk membuat usaha korban mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar, dengan syarat korban harus menyediakan perhiasan emas seberat 12 mayam,” kata Kapolsek Meureubo, Ipda Vitra Ramadani, Kamis (1/10).

Dalam aksinya itu, pelaku berhasil mengelabui korban sebanyak tiga orang, dimana dua diantaranya ditawarkan usahanya laris dan mendapat keuntungan, sedangkan satu korban lainnya bisa dijodohkan dengan pasangan yang disukai korban.

"Pelaku RY kami tangkap setelah mendapatkan laporan dari beberapa korban," kata Vitra.

Ada pun barang bukti yang diamankan masing-masing berupa sejumlah pakaian, satu unit televisi, satu unit sepeda, DVD MP4, satu set speaker, satu perhiasan emas berbentuk cincin seberat satu mayam, satu buah perhiasan emas seberat 1/2 mayam. 

"Pelaku dijerat dengan Pasal 378 ayat (2) KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun," ujarnya.

Komentar

Loading...