Unduh Aplikasi

Berkas Perkara Penyeludupan Imigran Rohingnya Segera Diserahkan ke Jaksa

Berkas Perkara Penyeludupan Imigran Rohingnya Segera Diserahkan ke Jaksa
Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Pol Sony Sanjaya. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Penyidik Ditreskrimum Polda Aceh segera menyerahkan berkas tahap satu kasus penyeludupan Imigran Rohingya ke pihak Kejaksaan untuk diteliti.

Dirreskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sanjaya mengatakan saat ini penyidik telah menuntaskan pemberkasan penyeludupan dengan empat orang tersangka.

"Berkasnya segera kita kirim ke Jaksa untuk diteliti. Jika nanti ada kekurangan akan segera dilengkap," kata Kombes Pol Sony, Rabu (13/1).

Empat tersangka penyeludupan Imigran Rohingnya yakni berinisial FA (47), R (32), warga Lhokseumwe, sedangkan SD (42) dan AS (37) warga asing Etnis Rohingya.

Pengungkapan kasus penyeludupan Imigran Rohingya ini berawal saat 99 imigran Rohingya diselamatkan warga Aceh di pantai Seunodon, Aceh Utara pada 25 Juni 2020 lalu setelah kapal yang mereka tumpangi rusak di tengah laut, selanjutnya dibawa ke pesisir pantai Lancok, kecamatan Syamtalira Bayu.

Namun, Polda Aceh mendapatkan informasi lain terkait penyelamatan etnis Rohingya tersebut. Tim Polda Aceh menyelidiki dan menemukan informasi ada tindak pidana penyelundupan terhadap warga asing ke wilayah Aceh tanpa dokumen resmi.

"Mereka dijerat Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. Para tersangka ditahan di Mapolda Aceh," ungkap Kombes Pol Sony.

Komentar

Loading...