Unduh Aplikasi

Berkas Bekas Sekda Simeulue Dilimpahkan ke Jaksa

Berkas Bekas Sekda Simeulue Dilimpahkan ke Jaksa
Foto: Net
BANDA ACEH - Penyidik Kepolisian Resort Simeulue melimpahkan tahap II berkas mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Simeulue, Mohd Riswan R dan Bekas Bendahara BPBD Simeulue Indra Dili Wirawan, yang menjadi tersangka dugaan tindak pidana korupsi dana hibah pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue tahun 2011.

Pelimpahan berkas dan tersangka tersebut dilakukan pada pukul 10.30 WIB, oleh penyidik kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinabang di Kantor Kejaksaan Tinggi Aceh. , Banda Aceh, Jumat (19/8).

Kapolres Simeulue, AKBP Satya Yudha Prakasa melalui Kasat Reskrim Polres Simeulue, IPDA Irwansyah mengatakan, pelimpahan tahap II tersebut menyusul berkas perkara tersebut telah dinyatakan lengkap (P21) pada Senin, 15 Agustus lalu.

"Hari ini pelimpahan tahap II berkas dan tersangka ke Kejari Sinabang," kata AKBP Satya Yudha Prakasa.

Dikatakan, sebelumnya berkas perkara tersebut sempat empat kali dikembalikan ke penyidik (P19) karena ada kekurangan alat bukti dan pemeriksaan saksi.

Untuk diketahui, Riswan dan Indra, sebelumnya telah ditetapkan tersangka oleh penyidik pada 14 April 2016 lalu. Penyidik Polres Simeulue juga telah menahan Indra sejak 26 April 2016 lalu.

Untuk kasus yang sama, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Banda Aceh telah menghukum bekas Kepala BPBD Simeulue Mulyadinsyah selama 8 tahun penjara dan membayar denda Rp 500 juta, subside 6 bulan penjara serta mengembalikan uang negara sebesar Rp 1,466 miliar.

Mulyadinsyah terbukti bersalah atas kasus korupsi dana hibah pada BPBD Simeulue tahun 2011 dengan kerugian negara sebesar Rp 3,1 miliar.

Komentar

Loading...