Unduh Aplikasi

Berkah dari Gedung Parlemen

Berkah dari Gedung Parlemen
ilustrasi
DEWAN Perwakilan Rakyat Aceh harus bergegas. Banyak pekerjaan besar yang kini bergantung dari kecekatan dan kesigapan para wakil rakyat di gedung parlemen Aceh. Ramadan harusnya tak menjadi alasan bagi anggota dewan untuk bermalas-malasan dan mengabaikan tugas mempersiapkan sejumlah qanun yang menjadi dasar penting berbangsa di Aceh.

Adalah pencabutan Qanun Nomor 9 Tahun 2014 tentang spin off Bank Aceh yang hingga kini belum memiliki titik terang. Padahal Pemerintah Aceh sejak akhir Februari lalu meminta Dewan untuk mencabut qanun yang menjadi dasar pembentukan Bank Aceh Syariah.

Dukungan secara lisan yang diutarakan politikus Aceh tak cukup. Pembentukan bank syariat di Aceh memerlukan tudung hukum yang menjadi kerangka bekerja. Dengan pencabutan qanun ini, tidak akan ada tumpang tindih antara peraturan perbankan syariat yang lawas dan anyar. Ini adalah satu dari 17 syarat yang diajukan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia agar bank syariat pertama di Aceh--bahkan di Indonesia--akan terwujud, Agustus mendatang.

DPR Aceh juga tak perlu ragu akan kesiapan manajemen Bank Aceh. Tak perlu berkilah tentang kesiapan. Yang harus dilakukan saat ini adalah bekerja maksimal sesuai tugas dan menyerahkan kepada pihak lain agar menyelesaikan tugas mereka. Apalagi, sebagian masyarakat Aceh, yang bersentuhan langsung dengan dunia perbankan, menginginkan satu sistem keuangan sesuai dengan ajaran agamanya; Islam.

Mungkin ini terdengar klise, namun pengelolaan keuangan yang halal adalah salah satu upaya untuk menciptakan produk-produk yang halal dalam kehidupan bersyariat Islam di Aceh. Mungkin dengan pengelolaan keuangan yang bebas dari sistem riba, akan muncul transaksi-transaksi yang halal.

Dan mungkin saja ini dapat menjadi kunci keberhasilan pembangunan berkeadilan demi kesejahteraan rakyat Aceh, yang selama ini terkungkung dalam cengkeraman perilaku korupsi yang kian masif dan beringas. Sebab kita tak pernah tahu, keberkahan Allah itu datang dari jalur mana.
Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...