Unduh Aplikasi

Berharap Tuah Ilham untuk Pilkada 2022

Berharap Tuah Ilham untuk Pilkada 2022
Ilustrasi: FSN.

KEBERADAAN Ilham Saputra di Komisi Pemilihan Umum sebenarnya menjadi berkah bagi Aceh. Bekas komisioner Komisi Independen Pemilihan Aceh itu bahkan didaulat menjadi Ketua KPU Pusat menggantikan Arief Budiman. 

Sebagai Ketua KPU, posisi Ilham tentu sangat menguntungkan Aceh. Rekam jejak dan pengalaman bertugas di Aceh adalah sebuah keuntungan bagi Aceh saat membicarakan tentang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2022.

Di Aceh, KIP setempat memilih untuk menghentikan tahapan ini karena ketiadaan dana. Ini adalah buah dari ketidakseriusan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Pemerintah Aceh untuk mengawal keberadaan anggaran untuk proses tahapan pilkada itu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh 2021.

Belum lagi hingga saat ini tidak ada lampu hijau dari pemerintah pusat kepada Aceh untuk menggelar pilkada. Masalah-masalah ini dapat dipastikan akan menghambat pelaksanaan pilkada, kalau tak mau menyebut sebagai kegagalan Aceh menggelar pilkada sesuai dengan Undang-Undang Pemerintah Aceh. 

Namun setidaknya keberadaan Ilham sebagai ketua lembaga paling menentukan dalam demokrasi Indonesia ini memberikan sedikit keuntungan bagi Aceh. Tinggal bagaimana KIP Aceh, DPR Aceh dan Pemerintah Aceh satu suara untuk meminta Pemerintah Indonesia mengizinkan pelaksanaan pilkada ini. 

Ilham sendiri, meski tidak menyebut secara langsung, mengatakan bahwa pilkada serentak 2024 akan sangat membebani KPU dan pelaksana pemilihan di daerah. Pengalaman pahit, kematian sejumlah petugas penyelenggara, dalam pemilu serentak lalu tentu jangan sampai terulang. 

Tapi berharap pada Ilham saja tentu bukan tindakan yang fair. Seluruh elemen di Aceh, terutama Pemerintah Aceh dan DPR Aceh harus satu suara dan berdiri di barisan yang sama dalam mengupayakan lampu hijau pelaksanaan Pilkada 2022. 

Tanpa kebersamaan, Aceh kembali akan jadi main-mainan politik. Padahal, jika dilihat dari kemampuan, orang-orang Aceh sangat mumpuni. Ilham adalah salah satunya. Tentu saja Ilham bukan superman yang bisa mempertahankan penyelenggaraan Pilkada 2022 dari gempuran banyak pihak. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...