Unduh Aplikasi

Beredar Kabar Irwandi Yusuf Pulang ke Aceh

Beredar Kabar Irwandi Yusuf Pulang ke Aceh
Irwandi Yusuf saat tiba di Bandara SIM Aceh Besar. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, dikabarkan pulang ke Aceh, Sabtu (19/12) pagi. 

Irwandi Yusuf pulang ke Aceh dengan Steffy Burase, yang diketahui merupakan istri keduanya. 

Padahal, Irwandi Yusuf saat ini sedang mendekam di Lapas Suka Miskin, Bandung, dengan hukuman penjara 8 tahun. 

Informasi yang diterima AJNN, Irwandi Yusuf tiba di Aceh dengan Garuda GA 142 sekitar pukul 09.00 WIB melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. 

Namun, informasi lain yang diterima AJNN, Irwandi Yusuf pulang ke Aceh setelah mendapatkan izin jenguk orang tua yang lagi sakit di Bireun. 

Irwandi Yusuf ditangkap KPK dalam kasus suap fee proyek infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh.

Dalam kasus tersebut, KPK menetapkan empat orang tersangka yakni Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah, Ahmadi, Hendri Yuzal, (ajudan Irwandi) dan Teuku Syaiful Bahri (pengusaha). 

Story instagram  Steffy Burase. Foto: For AJNN

Dalam tangkap tangan tersebut ada sembilan orang yang diamankan, setelah dilakukan pemeriksaan, hanya empat orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka.

Kronologi penangkapan Irwandi Yusuf oleh tim anti rasuah berawal pada 3 Juli 2018 siang, tim mengidentifikasi adanya penyerahan uang Rp 500 juta dari MYS kepada FD di teras hotel di Banda Aceh.

MYS kemudian membawa tas berisi uang dari dalam hotel menuju mobil di luar hotel, kemudian turun di suatu tempat dan meninggalkan tas di dalam mobil

Diduga setelah itu FDL menyetorkan uang tersebut ke beberapa rekening Bank BCA dan Mandiri sebesar masing-masing sekitar Rp 50 juta, Rp 190 juta, dan Rp 173 juta.

Uang yang disetorkan ke beberapa rekening tersebut diduga digunakan untuk pembayaran medali dan pakaian kegiatan Aceh Marathon 2018.

Sekitar pukul 17.00 WIB, tim mengamankan FDL dengan beberapa temannya di sebuah kafe di Banda Aceh.

Kemudian, berturut-turut tim mengamankan sejumlah orang lainnya di beberapa tempat terpisah di Banda Aceh, yaitu TSB sekitar pukul 18.00 WIB di kantor rekanan. Dari tangan Teuku Saiful Bahri, diamankan uang RP 50 juta dalam tas tangan.

Tim kemudian mengamankan Hendri Yuzal dan seorang temannya di sebuah kafe sekitar pukul 18.30 WIB

Selanjutnya tim bergerak ke pendopo gubernur dan mengamankan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sekitar pukul 19.00 WIB

Pihak-pihak tersebut dibawa ke Mapolda Aceh.

Secara paralel, tim KPK lainnya di Kabupaten Bener Meriah mengamankan sejumlah pihak. Sekitar pukul 19.00 WIB, tim mengamankan Bupati Bener Meriah, Ahmadi bersama ajudan dan sopir di jalan di Takengon.

Sekitar pukul 22.00 WIB, tim mengamankan DLM di kediamannya di Bener Meriah. Kemudian tim membawa mereka ke Mapolres Takengon.

Komentar

Loading...