Unduh Aplikasi

Berbentuk BLUD, Pengadaan Tali Rafia UPTD BTNR Masih Netek di DPA Disnak

Berbentuk BLUD, Pengadaan Tali Rafia UPTD BTNR Masih Netek di DPA Disnak
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Ternak Non Ruminansia (BTNR) Blang Bintang dan Saree, terhitung 25 Oktober 2019 berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Ide dasar perubahan dari UPTD menjadi BLUD ini agar Unit Teknis dibawah Dinas Peternakan Aceh tersebut lebih mandiri dan anggarannya tak tergantung dengan APBA.

Dengan badan hukum BLUD, maka pengadaan bahan operasionalnya untuk pakan, obat-obatan, dan pendukung, serta peningkatan produksi telur dan lainnya bisa menggunakan hasil penjualan telur tersebut.

Pembentukan UPTD BTNR ini sesuai dengan SK Gubernur Aceh nomor 524/1745/2019, yang ditandatangani Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, 25 Oktober 2019.

Dalam diktum kedua pada keputusan itu disebutkan, penetapan UPTD BTNR sebagai BLUD memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan, baik dalam hal pengelolaan pendapatan dan belanja, kas, utang, piutang, investasi maupun pengadaan barang dan/atau jasa.

Dokumen AJNN

BLUD ini juga memiliki kewajiban penyusunan akuntansi, pelaporan dan pertanggungjawaban, pengelolaan surplus dan defisit, kewenangan melakukan kerjasama dengan pihak lain, memperkerjakan tenaga non-PNS, pengelolaan dana secara langsung dan perumusan standar dan kebijakan pengelolaan keuangan.

Meski sudah berbentuk BLUD, pada kenyataannya pengadaan kebutuhan UPTD BTNR masih bergantung di dalam dokumen penggunaan anggaran (DPA) Dinas Peternakan Aceh. Di tahun 2020 ini misalnya, pengadaan pakan hingga pengadaan tali rafia untuk mengikat papan telur masih dianggarkan di DPA Disnak Aceh.

Penelusuran AJNN, di laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) LKPP RI, ditemukan anggaran sebesar Rp 35,6 miliar yang diperuntukkan bagi UPTD BTNR yang berlokasi di Blang Bintang dan Saree, Kabupaten Aceh Besar.

Berikut ini merupakan uraian kegiatan dan anggaran yang dialokasikan untuk UPTD BTNR tersebut. Pengadaan pakan layer pada UPTD BTNR dengan alokasi anggaran Rp 13,17 miliar. Pengadaan pullet kawasan UPTD BTNR dengan pagu Rp 9,28 miliar. Pengadaan pakan grower pada UPTD BTNR dengan pagu Rp 7,33 miliar.

Kemudian, pengadaan pullet pada UPTD BTNR dengan pagu anggaran Rp 1,86 miliar. Pengadaan grower pada UPTD BTNR dengan pagu Rp 1,57 miliar. Pengadaan pakan layer pada UPTD BTNR dengan alokasi pagu anggaran 838 juta.

Pengadaan vaksin ternak ayam ras petelur pada UPTD BTNR dengan pagu Rp 330 juta. Lalu, pengadaan Egg Tray/papan telur pada UPTD BTNR dengan pagu anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Bahkan, pengadaan tali rafia saja masih dimasukkan dalam DPA dinas, tak tanggung nilai anggarannya sebesar Rp 55 juta.

Komentar

Loading...