Unduh Aplikasi

Bener Meriah Urutan Pertama di Aceh Progres Percepatan Penyaluran Dana Desa 2021 

Bener Meriah Urutan Pertama di Aceh Progres Percepatan Penyaluran Dana Desa 2021 
Pertemuan Tim Kemendes PDT Trans, DPMG Aceh dengan Bupati Bener Meriah. Foto: untuk AJNN.

BENER MERIAH - Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah mendapat peringkat pertama dalam hal progres percepatan penyaluran Dana Desa (DD) 2021 - Tahap I dan II, berdasarkan persentase dana tertinggi per tanggal 28 April 2021. 

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Informatika Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Tim Kemendes PDT Trans, Razali dalam kunjungan ke Bener Meriah, Kamis (29/4/2021). Kedatangan Razali disambut oleh Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi yang didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Haili Yoga di ruang kerja Bupati.

Sedangkan Razali dalam pertemuan tersebut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari. 

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut Razali menjelaskan bahwa jumlah dana yang telah dicairkan yaitu Rp 64,02 miliar atau 90,53 persen dari jumlah Kampung atau 210 Kampung dari total 232 Kampung untuk tahap I,  serta Rp 5,39 Miliar atau 2,95 persen dari jumlah Kampung atau 18 Kampung dari total 232 Kampung untuk tahap II. 

"Ini yang menjadikan Kabupaten Bener Meriah berada di urutan pertama di Aceh sebagai Kabupaten dengan progress percepatan penyaluran Dana Desa 2021 Tahap I dan II dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh,"  ujar Razali menjelaskan.

Sebagai informasi, kunjungan Tim Kemendes PDT Trans dan Kepala DPMG Aceh kali ini, dalam rangka pemantauan pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten Bener Meriah Tahun Anggaran (TA) 2021.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan informasi dari pusat dan provinsi tentang regulasi dan tata kelola Dana Desa TA 2021. Selain itu pihak Kemendes dan DPMG Aceh melihat progress pencairan dan realisasi Dana Desa Tahap I di Bener Meriah terlihat sangat signifikan hanya dalam beberapa hari dari peringkat 16 naik menjadi peringkat 1 di Provinsi Aceh.

Hal itu terjadi dikarenakan kerja keras semua pihak terlebih setelah adanya instruksi langsung pencairan Dana Desa oleh Sekda yang melakukan apel pagi berturut-turut di beberapa Kantor Camat dengan peserta seluruh Reje dan aparatur kampung beberapa hari yang lalu.

"Dalam kesempatan ini juga dipersilakan kepada para Camat untuk menyampaikan kendala lapangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Dana Desa dalam wilayah masing-masing," ujar Sekda Haili Yoga menjelaskan.

Pertemuan dengan tim Kemendes dan DPMG Aceh tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Setdakab, Inspektur Daerah, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PMK,     para Camat, para Kabid pada DPMK dan sejumlah pendamping profesional.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...