Unduh Aplikasi

Bendera Bulan Bintang Lambang Separatisme, Bukan Lambang Daerah

Bendera Bulan Bintang Lambang Separatisme, Bukan Lambang Daerah
Bendera Bulan Bintang. Foto: Politik Aceh
ACEH BARAT - Front Pembela Tanah Air (PETA) Aceh Barat mengimbau masyarakat di wilayah itu untuk tidak terprovokasi dengan mengibarkan bendera Gerakan Aceh Merdeka.

“Apalagi sampai terintimidasi. Masyarakat jangan takut. Sepanjang bendera itu belum disahkan pemerintah, itu artinya bendera Bulan Bintang adalah bendera yang pernah dipakai oleh gerakan sparatis. Bukan bendera daerah Aceh,” kata bekas Ketua PETA Aceh Barat Amir kepada AJNN, Senin (21/3).

Rencananya, pada 25 sampai 30 Maret nanti, bendera Bulan Bintang akan dikibarkan serentak di seluruh Aceh. Ini adalah hasil kesepakatan seluruh forum anggota legislatif Partai Aceh se-Aceh di Lhokseumawe, beberapa waktu lalu.

Amir dan PETA juga bakal menurunkan bendera itu jika terlihat berkibar. Menurut Amir, ini bukan masalah dukung atau tidak mendukung. Ini adalah soal etika bernegara. Sepanjang atribut yang digunakan melanggar aturan bernegara, sudah sepatutnya hal itu tidak diumbar.

"Kalau sudah sah, kenapa nggak setiap hari dikibarkan. Biar Aceh lebih meriah,” kata Amir. Hingga saat ini, polemik bendera masih terus berlangsung. Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bahkan meminta pemerintahan Aceh lebih mengutamakan urusan kesejahteraan ketimbang bendera.

Baca: Surya Paloh: Bendera Bukan Prioritas Pembangunan Aceh

Komentar

Loading...