Unduh Aplikasi

Belum seminggu Launching, Website dan Fanpage AZAN Tembus 10.000 Fans

Belum seminggu Launching, Website dan Fanpage AZAN Tembus 10.000 Fans
BANDA ACEH - Setelah KIP Aceh resmi mengumumkan jadwal dan tahapan Pilkada Aceh 2017, bursa pasangan calon semakin mengerucut. Waktu penutupan pendaftaran yang semakin menghampiri tenggat waktu yang ditetapkan. Beberapa nama belum juga resmi mengumumkan pasangan mereka. Hal ini disebabkan formasi politik Aceh dan nasional memang sangat dinamis.

Berbeda dengan beberapa nama lain, tim sukses Zaini Abdullah dan Nasaruddin yang telah resmi mengumumkan akan menempuh jalur independen tidak membuang waktu. Di tengah calon lain masih sibuk melakukan finalisasi pasangan. Tim AZAN—singkatan nama Zaini Abdullah dan Nasaruddin--sudah melakukan sosialisasi masif, selain mematangkan pengumpulan KTP sebagai salah satu syarat pasangan calon independen, tim pemenangan AZAN juga semakin memperlihatkan pergerakan di media sosial.

Pantauan AJNN, website resmi pemenangan pasangan AZAN yakni www.azanuntukaceh.org terlihat didominasi warna hitam putih dan merah. Kombinasi warna ini menunjukkan bahwa incumbent Gubernur Aceh yang akrab disapa Abu Doto ini masih sangat dekat dengan atribut Partai Aceh, partai tempat dirinya berasal. Fitur website ini juga terlihat berbeda dengan website kandidat lain. Terlihat lebih dinamis dan mobile responsive. Jadi jika digunakan di gadget apapun, desain website ini akan secara otomatis menyesuaikan ukuran dan fitur-fiturnya. Didominasi foto yang lebar dan judul yang Bold, website AZAN terlihat lebih memudahkan orang mengakses untuk menemukan informasi yang dicarinya.

Selain itu hal yang paling nyata terjadi di fanpage facebook @azanuntukaceh. Sejak mulai dilaunching 29 Juli 2016, tepat pada tanggal 5 Agustus pukul 19.22 Fanpage AZAN menembus angka 10.000 fans. Ini tentu mengajutkan karena fanpage calon lain yang sudah lama bergerak di media sosial belum mencapai angka 5.000 fans, kecuali fanpage mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang sudah berada di angka lebih dari 25.000 fans.

Meski unggul dari jumlah fans, namun dalam soal waktu fanpage Irwandi Yusuf sudah dikelola hampir dua tahun dan masih merupakan fanpage pribadi, bukan fanpage pemenangan pilkada. Sementara fanpage AZAN memang dibuat untuk memenangkan pasangan AZAN dalam Pilkada Februari 2017 mendatang.

Dari sisi pengunjung atau jumlah orang yang terlibat baik dalam bentuk like, comment, share maupun view, fanpage AZAN bahkan jauh melebihi fanpage Irwandi Yusuf. Sebagai contoh satu konten Fanpage AZAN yang diambil dari berita AJNN berjudul “Petugas mudik, Gubernur Aceh Ngepel Sendiri Tempat Wudhu Bandara” mendapatkan like sebanyak 10.300 orang. Konten ini dibaca/dilihat sekitar 165.990 orang di facebook. Jumlah comment untuk konten itu saja sebanyak 568 orang dan dishare oleh 164 orang di facebook.

Ini adalah babak baru kampanye politik di Aceh dan di Indonesia. Uang tidak lagi menjadi satu-satunya faktor penentu kemenangan satu pasangan calon, butuh media baru dan juga kekuatan konten politik dari materi-materi kampanye yang disebarkan kepada publik. AJNN  memantau pergerakan akun-akun pasangan calon yang lain. Sepertinya pertarungan di media sosial tidak kalah serunya dengan pertarungan di lapangan.

Komentar

Loading...