Unduh Aplikasi

Belum Bagikan Masker, Kadiskes: Saya Pikir Kabut Asap Tidak Berlangsung Lama

Belum Bagikan Masker, Kadiskes: Saya Pikir Kabut Asap Tidak Berlangsung Lama
Ilustrasi. Foto: AJNN/Sarina

ACEH BARAT - Meski kabut asap telah menyelimuti Kabupaten Aceh Barat sejak dua hari terakhir, namun hingga hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat belum bergerak untuk membagikan masker kepada warga Kabupaten setempat.

Kepala Dinkes setempat Syarifah Junaidah, beralasan tidakmembagikan masker kepada warga di Kabupaten setempat sejak kemarin, lantaran ia berfikir kabut asap yang melanda kabupaten berjuluk Bumi Teuku Umat itu hanya kabut asap kiriman yang tidak berlangsung lama.

"Kita rencananya baru membagikan besok (Rabu) secara serentak. Nanti kita beritahukan camat juga. Inikan kabut asapnya sepertinya udah bertambah, nah kemarin ibu pikir cuma numpang lewat saja gitu," kata Syarifah Junaidah, kepada AJNN, Selasa, (24/9).

Lantaran dianggap hanya berlangsung sementara, kata dia, dan saat hujan turun kabut menghilang sehingga tidak segera bertindak. Namun setelah melihat situasi kabut asap yang semakin pekat, kata dia, saat ini dia sudah mengintruksikkan kepada jajarannya untuk melakukan pembagian masker.

Dikatakannya, dengan situasi ini dirinya meminta kepada Puskesmas, yang ada diwilayah Aceh Barat yang terkena dampak kabut asap untuk membagi-bagikan masker kepada masyarakat, baik ke sekolah maupun pengguna jalan.

Dikatakannya, belum adanya pembagian pada hari ini lantaran pihaknya juga melihat persediaan masker di dinas itu, mengingat pada Sabtu lalu pihaknya sempat membagikan masker kepada relawan World Cleanup Day (WCD), selain itu agar kegiatan pembagian masker juga ingin dilakukan secara serentak.

"Begini karena kita biar serentak, karena kita kan lihat logistiknya juga. Kita baagikan, nah logistik kita kan sempat kita bagikan kemarin sama orang kutip sampah. Hari ini mudah-mudahan stok kita masih ada," kata dia.

Menurutnya, untuk pembagian masker yang baru akan dimulai besok tersebut akan dipusatkan di dua kecamatan dahulu, yakni Johan Pahlawan dan Meureubo. Dikatakannya, saat ini pihaknya sedang melakukan pertemuan bersama para Kepala Puskesmas guna menindaklanjuti adanya kabut asap di wilayah Aceh Barat.

Komentar

Loading...