Unduh Aplikasi

Beli Mobil Dinas Habiskan Rp 5,5 Miliar, Sekda Pijay Nilai Masih Normatif

Beli Mobil Dinas Habiskan Rp 5,5 Miliar, Sekda Pijay Nilai Masih Normatif
Sekda Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Pengadaan sembilan unit mobil dinas untuk pejabat di Kabupaten Pidie Jaya tahun 2019 tidak kurang dari Rp 5.5 miliar. Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh menyebutkan, pengadaan mobil dinas tersebut tidak melebihi spesifikasi yang telah ditentukan.

"Pada prinsipnya secara protokoler pengadaan mobil untuk pimpinan daerah setiap satu periode. Setelah periode pertama baru kali ini dilakukan pengadaan mobil untuk bupati dan wakil bupati. Dan kapasitas tidak melebihi spek yang ditetapkan," kata Abd Rahman Puteh kepada AJNN, Senin (13/10).

Begitupun dengan pengadaan mobil untuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat. Pengadaan mobil untuk pimpinan dewan itu juga dilakukan setelah satu periode pimpinan dewan sebelumnya.

Selain itu, lanjut Sekda Pidie Jaya, pengadaan mobil dinas untuk para asisten Sekdakab setempat juga yang pertama dilakukan setelah Pidie Jaya mekar dari Kabupaten Pidie pada tahun 2007. Selama ini, para asisten mengunakan mobil mantan pimpinan dewan yang dibeli pada tahun 2007 lalu.

Baca: Pimpinan Dewan Beralih ke Pajero Sport, Bupati Pidie Jaya Tunggang Alphard

"Demikian juga dengan mobil asisten, para asisten masih mengunakan mobil bekas mantan pimpinan dewan lama, baru tahun ini dilakukan pengadaan tiga unit Innova untuk asisten," imbuh Sekda.

Pengadaan mobil dinas baru untu pejabat di Pidie Jaya ibi menuai kritik dari benerapa kalangan. Namun Abd Rahman Puteh enggan mengomentari kristik tersebut. Menurutnya, pemerintah setempat telah mengikuti peraturan yang ada.

"Untuk jenisnya memang tidak ditentukan (tidak terdapat dalam peraturan). Namun untuk spek, kami mengikuti peraturan yang ada. Dan menurut saya, hal ini masih dalam kondisi normatif," jelas Abd Rahman.

Seperti diketahui, Pemerintah Pidie Jaya pada tahun 2019 melakukan pengadaan mobil dinas untuk bupati Toyota Alphard, dan Toyota Velfire untuk wakil bupati. Tiga unit Mitsubishi Pajero Sport untuk pimpinan dewan. Tiga unit Innova untuk asisten, dan untuk satu unit Mitsubishi Expender Ketua MPU setempat.

Sembilan unit mobil dinas tersebut menelan anggaran sebesar Rp 5.59 miliar.

"Ke sembilan unit mobil baru itu telah dibeli, tinggal pengiriman saja. Anggaran untuk semua mobil itu Rp 5.59 miliar, yang bersumber dari APBK 2019,"Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pidie Jaya, M Diwarsyah beberapa hari lalu. 

Komentar

Loading...