Unduh Aplikasi

Belenggu Birokrasi di Kaki KIA

Belenggu Birokrasi di Kaki KIA
Ilustrasi: Fotolia

KOMISI I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh mengumumkan lima komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA) masa bakti 2020-2024. Mereka terpilih setelah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR Aceh.

Tentu saja publik berharap lima orang yang dilantik sebagai komisioner bukan sekadar pengisi jabatan. Karena lembaga ini sebenarnya memiliki peran penting sebagai kunci yang membuka pintu informasi di Aceh. 

Selama ini, masih banyak pejabat daerah yang tidak transparan. Bahkan di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Lembaga ini masih menganggap banyak informasi yang tidak masuk dalam kategori dikecualikan. Padahal, mereka adalah lembaga yang menyeleksi orang-orang yang duduk di KIA. 

Setali tiga uang, kolega mereka di Pemerintah Aceh juga masih banyak yang berkilah dengan informasi yang dikecualikan. Padahal, aturan jelas membuat kategori informasi yang dikecualikan, seperti mengungkapkan identitas informan, pelapor, saksi, dan/atau korban yang mengetahui adanya tindak pidana, informasi yang mengungkapkan kekayaan alam Indonesia, atau informasi yang merugikan ketahanan ekonomi nasional.

Karena itu, seluruh komisioner KIA yang baru terpilih harus berkomitmen untuk mendorong transparansi informasi berjalan lebih baik di seluruh lembaga. Keberadaan pejabat-pejabat penyedia informasi hendaknya tidak sekadar ada namun disfungsi.

Selama lembaga pemerintahan masih menutup-nutupi data, yang muncul di tengah masyarakat adalah kabar bohong alias hoax. Namun parahnya, selama ini, kemandirian lembaga yang dibentuk berdasarkan amanah undang-undang keterbukaan informasi ini tidak benar-benar ada. 

KIA dipasung oleh pemerintah. Seluruh kebutuhan mereka disiapkan oleh pemerintah, mulai dari anggaran hingga pegawai. Kondisi ini menyebabkan KIA sulit bersikap mandiri. 

Alhasil KIA tidak maksimal dalam mendorong agar keterbukaan informasi di lembaga negara. Padahal, keterbukaan akan mendorong tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Komisi ini akhirnya ada hanya untuk menyediakan data yang diminta oleh publik. Tidak lebih. 

Komentar

Loading...