Unduh Aplikasi

Belasan Tiang Listrik Tumbang di Aceh Besar

Belasan Tiang Listrik Tumbang di Aceh Besar
Petugas PLN mencoba memindahkan tiang-tiang listrik yang roboh akibat angin kencang. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Sebanyak 19 tiang listrik bertegangan menenggah di jalan Cot Iri Bakoy, Gampong Babah Jurong, Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar bertumbangan menyusul angin kencang yang melanda kawasan itu. Menurut warga sekitar, belasan tiang listrik itu tumbang akibat angin kencang yang terjadi sekira pukul 11.00 WIB, Selasa (26/6).

"Saat angin kencang, secara tiba-tiba tiang listrik tumbang satu persatu. Kebetulan jalan lengang tidak ada orang yang melintas, selain tiang listrik satu pohon juga ikut tumbang," kata Mawardi warga sekitar.

Semetara Kapolsek Kuta Baro, AKP Marzuki menyebutkan pihaknya menerima laporan insiden tumbangnya tiang listrik setelah menerima laporan dari masyarakat setempat.

"Kami langsung ke lokasi saat di cek tidak ada korban jiwa maupun kenderaan yang tertimpa tiang listrik," katanya AKP Marzuki.

Akibat kejadian itu, setengah ruas jalan Cot Iri Bakoy terhalang belasan tiang listrik dengan kabelnya. Sejumlah petugas PLN dibantu personel Polri dan TNI mencoba memindahkan tiang-tiang yang terhalang jalan.

"Tim dari PLN mencoba mengangkat tiang-tiang listrik dengan alat mereka dan kita bersama TNI juga mencoba membantu mereka untuk memindahkan tiang-tiang itu," ujar AKP Marzuki.

Manager Area PLN Banda Aceh Wahyu Ahadi yang berada di lokasi itu mengatakan akibat kejadian itu sempat terjadi pemadaman di sejumlah kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Tumbangnya tiang itu akibat angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang mengenai kabel sehingga membebani tiang listrik.

"Salah satu tiang listrik tidak mampu menahan beban pohon yang menimpa tiang listrik sehingga tiang roboh dan diikuti dengan tiang lainnya," ujarnya.

Ia juga menyebutkan pihaknya akan memasang tiang pengganti agar jaringan listrik dikawasan itu bisa kembali normal. Proses normalisasi jaringan diperkirakan memakan waktu sekitar 24 jam.

"Kami juga akan memeriksa kabel-kabelnya apakah masih bisa digunakan atau tidak. Kalau bisa digunakan akan kita aliri listrik agar pasokan ke rumah pelanggan tidak terputus," ungkap Wahyu.

Komentar

Loading...