Unduh Aplikasi

Belasan Hektar Lahan Gambut di Singkil Terbakar

Belasan Hektar Lahan Gambut di Singkil Terbakar
ACEH SINGKIL - Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di wilayah Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, Selasa (9/8), kobaran api diperkirakan telah menghanguskan belasan hektar lahan gambut di wilayah tersebut.

Informasih yang dihimpun AJNN, Rabu (10/8) dini har,i menyebutkan titik kebakaran lahan terparah berada di pinggiran Pantai Pulau Sarok, Singkil, meski warga bersama personil aparat TNI, Polri dan masyarakat telah berusaha memadamkannya, namun api yang mulai terdeteksi sejak Selasa (9/8) sekitar pukul 18.00 WIB, itu sulit dipadamkan, hal itu lantaran lahan yang terbakar gambut dan tiupan angin cukup kencang.

"Sulit dipadamkan apinya, karena dipinggir pantai anginya kencang," kata Nazar seorang warga.

Selain itu tambah Nazar, lokasi kebakaran juga tak dapat diakses dengan kendaraan, jalan satu-satunya menuju ke lokasi harus berjalan kaki menyusuri bibir pantai pulau sarok. Hal itu menambah sulit upaya pemadaman.

"Kereta (motor) tidak bisa masuk, apalagi mobil, harus jalan kaki sekitar tiga ratus meteran," ungkap Nazar.

Hingga berita ini diunggah, sijago merah masih terus menjalar membakar hutan muda gambut tersebut, belum diketahui sumber api berasal darimana. Warga berharap api dapat segera diilakukan upaya memadamkanya agar tidak semakin meluas. Selain di lokasi tersebut, lahan gambut di selok Aceh juga terbakar namun masih kategori aman.

Komentar

Loading...