Unduh Aplikasi

Begini Cara DPMPTSP Aceh Promosikan Investasi di Tengah Pandemi Covid-19

Begini Cara DPMPTSP Aceh Promosikan Investasi di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Guna meningkatkan nilai investasi di Provinsi Aceh. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus mengencarkan promosi di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Aceh, Syarifah Zulfa mengatakan, pihaknya terus meyakinkan investor guna bisa berinvestasi di Aceh, namun semua hal itu tergantung dari invenstor sendiri apakah mau atau tidak untuk berinvestasi.

“Kita melakukan promosi ini untuk meyakinkan dan menumbuhkan nilai investasi di Aceh, kita melakukan sosialisasi dengan berbagai cara, dan itu akan terus kita gencarkan meskipun di tengah pandemic Covid-19,” katanya kepada AJNN, Rabu (30/9).

Sambungnya, dibandingkan tahun sebelumnya, investasi di tahun 2020 ini sangat menurun, hal itu disebabkan oleh pandemi Covid-19, yang melanda seluruh penjuru dunia, termasuk di Provinsi Aceh.

“Kendala paling besar saat melakukan promosi di tengah pandemi Covid-19 ini, yaitu investor tidak bisa berkunjung langsung ke lapangan untuk melihat apa yang ditawarkan itu sangat terbatas,” ungkapnya.

Lanjut Syarifah, pihaknya mencari solusi promosi tersebut dengan cara melakukan digital, video converens dan webinar. Kalau untuk mendapatkan informasi saja hal itu bisa efektif, namun kendalanya tidak bisa meninjau langsung ke lapangan.

“Melihat dari kendala yang dialami mereka yakni, tingkat ekonominya sangat berdampak guna melakukan realisasi, karena mereka tidak bisa melakukan itu jika tidak melihat langsung apa yang ditawarkan di lapangan,” tuturnya.

Ia berharap, Covid-19 ini bisa terus berlalu, sehingga ke depan nilai investasi di Aceh bisa mendapatkan peluang baru, dan mudah-mudahan juga, kata Syarifah, meskipun di tengah pandemi, para investor juga tetap mau berinvestasi, baik dari segi agro industri atau lainnya.

“Kami berharap juga dengan percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol Aceh, akan tumbuh investasi-investasi baru, begitu juga dengan parik NPK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun,” tuturnya.

Dilihat dari tahun sebelumnya, tepatnya sebelum pandemi Covid-19, pemerintah juga sangat membutuhkan dukungan pihak lainnya, termasuk media sebagai corong informasi utama yang bisa didapatkan oleh orang lain Harus berimbang, informasi positif juga harus dimunculkan, tidak hanya informasi yang negatif saja.

"Mengingat selama ini orang takut dengan berita tentang Aceh. Ternyata setelah mereka datang jadi senang dengan kondisi Aceh," imbuhnya.

DPMPTSP juga melakukan promosi keluar negeri tentang sumber daya yang bisa diperbaharui, untuk kemudian diajak berinvestasi. Menggalakkan melalui forum bisnis, pameran potensi dan peluang. 

Syarifah menuturkan, sejauh ini setiap orang yang sudah datang ke Aceh pasti berminat untuk berinvestasi. Tetapi, saat implementasinya masih ada kendala, karena itu perlu bersama-sama meminimalisir masalahnya. 

Pihaknya juga tidak pernah berhenti mempromosikan nilai investasi di Aceh, meskipun banyak tantangan, tetapi tetap terus dilakukan melalui kampanye media untuk menyampaikan informasi lebih banyak.

"Bagaimana langkah-langkah ini terus kita perbaiki, kalau kita bergandengan tangan, hal yang berat pun bisa menjadi ringan," tutup Syarifah.

Komentar

Loading...