Unduh Aplikasi

Beasiswa Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Aceh Singkil Mengeluh

Beasiswa Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Aceh Singkil Mengeluh
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Himpunan Mahasiswa Aceh Singkil (HIMASIL) Lhokseumawe kecewa terhadap Pemerintah Aceh Singkil yang tak kunjung mencairkan beasiswa untuk para mahasiswa.

Ketua HIMASIL Lhokseumawe, Muhammad Zikran mengatakan beasiswa untuk kategori kurang mampu Kabupaten Aceh Singkil tahun 2018 hingga saat ini belum juga diberikan. Dari 998 berkas calon penerima beasiswa, ada sekitar 782 berkas mahasiswa dari berbagai kampus yang mendapatkan dana tersebut.

Kata M Zikran, kekecewaan para mahasiswa calon penerima beasiswa dari Baitul Mal itu juga terlihat sudah dilampiaskan melalui grup Whats App, facebook dan media sosial lainnya .

"Mereka merasa dipermainkan oleh berbagai alasan dari instansi yang menjadi penyelenggara," kata M Zikran dalam keterangannya kepada AJNN, Minggu (17/3).

Menurutnya, persoalan ini mulai dari penetapan segala persyaratan hingga proses pencairan beasiswa juga terkesan mempersulit calon penerima.

Belum lagi, lanjut Zikran, akhir-akhir ini sering muncul pertanyaan dari calon penerima beasiswa kurang mampu tersebut yang sulit untuk dijawab, terlihat bahwa mahasiswa mulai ragu dengan keseriusan Pemkab dalam memberikan bantuan beasiswa untuk tahun 2018 hingga memasuki tahun 2019 ini.

“Kami merasa didiskriminasi dengan diberat-beratkan proses beasiswa MPD 2018 ini, mulai dari persyaratan yang sekian cepat dibuka, tetapi proses pencariannya tidak ada kejelasan." ujarnya.

Disisi lain, Zikran menuturkan, beasiswa itu sudah dijanjikan akan cair bulan Januari 2019. Namun, hingga kini belum juga dicairkan.

Sebelumnya, Himasil pernah menanyakan mengenai pencairan beasiswa dan pihak Majelis Pendidikan Daerah (MPD) dan Baitul Mal Aceh Singkil tapi hingga saat ini belum ada kejelasan, padahal berkas beasiswa berkasnya sudah lama terkumpul dan tervalidasi kebenarannya.

"Kami sudah menanyakan kepada Kepala Sekretariat Baitul Ma,l Buk Fitri mengenai kejelasan Beasiswa tersebut, tetapi jawab beliau selalu di sedang di proses. Padahal saya cuma mau tanya kapan atau tgl berapa beasiswa itu dicairkan," ungkap Zikran

Karena itu, dirinya berharap kedepan jangan terjadi lagi hal yang serupa, ini menyangkut kepentingan mahasiswa. Pemerintah Aceh Singkil harus membenahi persoalan ini, apakah mahasiswa harus demonstran dulu baru di ambil kebijakan atau seperti apa.

Komentar

Loading...