Unduh Aplikasi

Bea Cukai Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,6 Miliar di Langsa

Bea Cukai Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,6 Miliar di Langsa
Proses pemusnahan rokok ilegal yang dilakukan pihak Bea Cukai Langsa ditempat pengelolaan limbah tinja di Gampong Simpang Wie, Kota Langsa. Foto : For AJNN.

LANGSA - Pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Kuala Langsa melakukan pemusnahan rokok ilegal merek Luffman senilai Rp 6, 6 miliar lebih, Selasa (15/9).

Kepala KPPBC TMP C Kuala Langsa, Tri Hartana mengatakan, rokok ilegal yang dimusnahkan adalah sebanyak 6.520.000 batang, kalau diuangkan sekitar Rp 6,6 miliar lebih.

"Rokok ilegal tersebut merupakan barang bukti hasil penindakan Tim Patroli BC 60001 Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau pada April lalu yang kemudian diserahterimakan ke Bea Cukai Kuala Langsa," kata dia.

Kata Tri Hartana, pemusnahan pertama dilakukan secara simbolis di kantor Bea Cukai, kemudian sisanya dimusnahkan ditempat pengelolaan limbah tinja di Gampong Simpang Wie, Kota Langsa, dengan cara dibakar lalu bekasnya ditanam.

Tri Hartana berharap dengan dimusnahan hasil tembakau ilegal tersebut, masyarakat dapat teredukasi serta menghindari untuk membeli, mengkonsumsi, maupun memproduksi hasil tembakau ilegal.

"Karena disisi lain pemerintah tidak menjamin rokok ilegal tersebut apakah aman untuk dikonsumsi masyarakat atau tidak," ujarnya.

Kedepan, kata dia, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khususnya Bea Cukai Kuala Langsa akan terus meningkatkan kegiatan pengawasan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Ia berharap masyarakat mau membantu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik yakni dengan cara memberikan informasi-informasi bila ada melihat terjadinya penyelundupan rokok ilegal.

Komentar

Loading...