Unduh Aplikasi

Bea Cukai Musnahkan Barang Tak Layak Konsumsi Senilai Rp 60 Juta

Bea Cukai Musnahkan Barang Tak Layak Konsumsi Senilai Rp 60 Juta
Petugas memperlihatkan barang bukti tak layak pakai yang berhasil disita. Foto: Ist

BANDA ACEH - Bea Cukai Banda Aceh memusnahkan barang hasil penindakan kepabeanan dan cukai tak layak konsumsi di senilai Rp 60 juta.

Pemusnahan dilakukan dengan cara di bawah di halaman kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) tipe Madya Pabean C Banda Aceh, Senin (5/8).

Kepala Bea Cukai Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo menyebutkan barang tidak layak konsumsi yang dimusnahkan terdiri dari obat-obatan, pakaian bekas, rokok, kosmetik, sextoys, makanan serta alat kesehatan gigi.

"Barang ini dinilai membahayakan masyarakat dan tidak layak pakai seperti kosmetik dan obat-obatan yang tidak ada ijin edar," katanya.

Ia juga menyebutkan pemusnahan barang tidak layak pakai ini dilakukan setelah adanya persetujuan dari kantor Pelayanan Kekayaan dan Pelelangan Negara.

"Total batang yang dimusnahkan ini diperkirakan Rp 60 juta, dengan potensi kerugian negara secara keuangan sebesar Rp 20 juta," kata Bambang.

Terkait masih beredarnya barang-barang ilegal, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dengan instansi terkait.

"Barang yang dimusnahkan ini barang sitaan dari Januari sampai Juni 2019, paling banyak diamankan rokok ilegal dan pakaian bekas. Kita akan terus melakukan operasi pasar secara rutin untuk menekan peredaran barang ilegal bersama instansi terkait," ungkapnya.

Komentar

Loading...