Unduh Aplikasi

Bea Cukai Ajak Semua Pihak Dukung Perkembangan Pariwisata dan Freeport Sabang

Bea Cukai Ajak Semua Pihak Dukung Perkembangan Pariwisata dan Freeport Sabang
Ilustrasi. Foto: TEMPO/Tony Hartawan

BANDA ACEH - Dalam rangka memajukan perkembangan destinasi wisata dan Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) sangat diperlukan dukungan semua pihak.

Sabang termasuk destinasi wisata unik terpopuler 2019, perlu dukungan semua pihak untuk menyatukan antara wisata dengan Freeport Sabang, sehingga pengunjung yang datang ke Sabang, tidak hanya berwisata semata tetapi dapat melihat dan membeli barang-barang yang masuk ke Sabang.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Sabang Hanif Adnan Zunanto dalam Focus Group Discussion yang digelar di Aula lantai II KPPBC TMP C Sabang pada, Selasa, (17/12).

Dikatakan Hanif, tugas dan fungsi Bea Cukai untuk memberi dukungan kepada pelaku industri dalam negeri, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dalam pasar internasional yang kini menjadi incaran program dunia, Kemudian juga untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dengan memberikan fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

"Selain itu juga untuk melindungi masyarakat, industri dalam negeri dan kepentingan nasional melalui pengawasan dan atau pencegahan masuknya barang-barang impor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang serta dibatasi regulasi," ujarnya.

Dijelaskan, untuk jenis-jenis fasilitas kepabeanan yang diberikan antara lain Fasilitas Kawasan Berikat (KB), Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), Fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB), Fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah, Fasilitas Pembebasan Bea Masuk, Fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Fasilitas Free Trade Zone (FTZ), Fasilitas Pertambangan-Migas dan Fasilitas Pertambangan Panas Bumi.

"Kami mengharapkan kehadiran Bea dan Cukai di Sabang dapat bermanfaat bagi masyarakat, meskipun fungsi Bea dan Cukai di Sabang sebagai pengembangan fasilitator dalam bentuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan fasilitas untuk mendorong dan guna mempercepat majunya kawasan Free Port Sabang", jelas Hanif.

"Harapan kita kedepannya destinasi wisata yang ada di Sabang, dapat dipadukan dengan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Sabang, sehingga para wisatawan domestik yang berkunjung ke Sabang dapat juga melihat dan membeli barang-barang luar negeri yang masuk ke Sabang, tentunya sesuai peraturan yang berlaku", tutupnya.

WINDI WAHYUDI

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...