Unduh Aplikasi

Bawaslu dan Panwaslih Aceh Bisa Sinergis Kawal Pilkada

Bawaslu dan Panwaslih Aceh Bisa Sinergis Kawal Pilkada
Foto: Net
LHOKSEUMAWE - Pimpinan Badan Pengawas Pemilu Aceh, Zuraida Alwi, mengharapkan agar pihaknya dan Panwaslih bentukan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dapat bekerja sama dengan baik tanpa tumpang tindih kewenangan. Pernyataan tersebut disampaikan Zuraida kepada AJNN saat melakukan kunjungan kerja ke Lhokseumawe, Jumat (19/3).

"Secara tupoksi kewenangan kami sama. Hanya saja Bawaslu Aceh bersifat permanen sedangkan Panwaslih bersifat sementara," ujarnya.

Zuraida menambahkan, terkait dengan kewenangan pengawasan Pilkada Aceh 2017 nanti, pihaknya akan bersinergi dengan Panwaslih Aceh dan menjalankan fungsi-fungsi koordinasi. "Meskipun Bawaslu Aceh merupakan prevelensi dari Bawaslu Pusat di Aceh, kami tetap bisa bekerjasama dengan baik dalam proses mengawal seluruh tahapan Pilkada bersama Panwaslih Aceh" sambungnya.

Meskipun secara regulasi, Panwaslih Aceh memegang kendali dalam pengawasan pilkada. Jika kemudian Bawaslu diminta untuk membantu dalam memberikan supervisi kepada para komisioner Panwaslih di tingkat kab/kota, pihaknya akan senantiasa siap membantu.

"Pada prinsipnya kami sama-sama bekerja untuk mewujudkan pilkada yang demokratis, jika diminta masukan dan bantuan kami juga siap memfasilitasi" tutupnya.

Untuk diketahui, Bawaslu Aceh merupakan Badan Pengawas Pemilu yang dibentuk oleh Bawaslu Pusat, sedangkan Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) adalah lembaga pengawas yang dibentuk oleh DPR Aceh sesuai dengan amanat UUPA.

Komentar

Loading...