Unduh Aplikasi

Baru Dilantik, Mahasiswa Sudah Berikan Tiket Pulang untuk Anggota DPRA Dapil 4

Baru Dilantik, Mahasiswa Sudah Berikan Tiket Pulang untuk Anggota DPRA Dapil 4
Anggota DPRA dari Dapil 4 memperlihatkan tiket yang diberikan oleh mahasiswa. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Gayo kawal Dapil 4 (Aceh Tengah-Bener Meriah) menggelar aksi damai di Gedung DPRA, Kamis (3/10).

Aksi itu sempat molor beberapa jam. Pasalnya dalam pemberitahuan aksi, tertulis kalau aksi akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB. Namun hingga pukul 11.00 WIB, aksi itu tak kunjung digelar. Mahasiswa baru menggelar aksi sekitar pukul 12.00 WIB.

Dalam aksi itu, mahasiswa memberikan selembar tiket mobil kepada anggota DPRA yang berasal dari Dapil 4. Hendra Budian yang merupakan mantan aktivis langsung maju untuk menerima tiket tersebut.

Tiket itu sebagai bentuk apabila wakil rakyat yang sudah dipilih dan dilantik itu tidak mampu menjalankan amanah yang diberikan masyarakat, maka sebaiknya pulang ke kampung halamannya.

Ketika aksi itu, hampir seluruh anggota DPRA dari Dapil 4 keluar untuk menemui mahasiswa. Hanya satu wakil rakyat yang tidak ada karena masih berada di luar daerah.

Perwakilan Anggota DPRA, Hendra Budian menerima tiket mobil dari mahasiswa gayo. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

Koordinator aksi, Meli Saputri dalam aksi itu mengatakan pihaknya menolak segala bentuk tambang yang ada di wilayah gayo.

Ada sejumlah tuntutan yang disampaikan mahasiswa dalam aksi itu. Seperti menuntut agar tidak membuang aspirasi keluar dari dapil 4 seperti yang dilakukan anggota DPRA pada periode lalu.

Kemudian melawan seluruh qanun-qanun yang mendiskriminasikan suku-suku minoritas di Aceh, kemudian memperjuangkan anggaran pembangunan untuk wilayah tengah yang selama ini masih diskriminasi oleh pemerintah provinsi. Dan terakhir adalah unutk memperjuangkan pembentukan Provinsi ALA (Aceh Leuser Antara).

Aksi itu berlangsung beberapa jam di bawah pengawalan puluhan aparat kepolisian dari Polresta Banda Aceh. Setelah menyampaikan aspirasi secara bergantian dan mendengar pernyataan dari anggota DPRA, para mahasiswa kemudian membubarkan diri dengan tertib.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...