Unduh Aplikasi

Baru 59 Gampong di Pidie Jaya Cairkan Dana Desa Tahap I

Baru 59 Gampong di Pidie Jaya Cairkan Dana Desa Tahap I
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Dari 222 gampong yang tersebar dalam delapan kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, 100 gampong diantaranya telah menyerahkan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun 2021 ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) kabupaten setempat.

Dari 100 gampong yang telah mengajukan APBG 2021 tahap I itu, 99 gampong diantarannya 40 persen berkas tersebut telah masuk ke Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten(BPKK) setempat.

"100 gampong yang telah mengajukan ini 99 gampong berkasnya sudah ke BPKK. Sementara yang sudah cair sebanyak 59 gampong," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya, Mukhlis kepada AJNN, Senin (8/3).

Disamping itu, Mukhlis melalui Kabid Ketahanan Masyarakat DPMG, Marzuni menyebutkan, dari 222 gampong di Pidie Jaya baru tujuh gampong yang sudah menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 tahun 2021.

"Dana desa dengan dana BLT ini dikirim terpisah. Baru tujuh gampong yang baru dikirim dana BLT, sedangkan yang telah menyalurkan BLT baru tiga gampong," jelasnya.

Dijelaskan, faktor keterlambatan penyaluran BLT tahun 2021 sebesar Rp 300 ribu per bulan untuk setiap kepala keluarga itu karena prosea verifikasi yang dimulai dari tingkat desa hingga ketingkat kabupaten.

"Proses verifikasi ini penting, agar penerima PKH dan BST tidak masuk dalam penerima BLT," pungkasnya.

Komentar

Loading...