Unduh Aplikasi

Barak Santri Dayah Inti Darul Aitami Hangus Terbakar

Barak Santri Dayah Inti Darul Aitami Hangus Terbakar
Kondisi barak santri Dayah Inti Darul Aitami yang hangus terbakar. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Satu unit barak atau rangkang milik Dayah Inti Darul Aitami, yang berada di Desa Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, ludes terbakar, Rabu, (2/1) sekitar pukul 17.15 WIB.

Barak di dayah milik Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, yang terbakar itu merupakan tempat yang dihuni oleh para santri dengan luas 10x35 meter dan baru dibangun tahun 2018 lalu.

Pimpinan Pasantren Darul Aitami, Teungku Mukhtar Ishak, mengatakan barak yang terbakar itu selama ini dihuni sekitar 200 santri.

"Kebakaran ini menghanguskan barang-barang santri. Kami tidak sempat menyelamatkannya," kata Muhktar.

Dikatakannya, pihak pasantren tidak dapat menyelamatkan barang santri yang ada di dalam barak tersebut. Pasalnya peristiwa kebakaran tersebut terlalu cepat, apalagi yang terbakar merupakan bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu dan triplek.

Mukhtar, tidak mengetahui persis penyebab dari kebakaran tersebut, namun dikatakannya tiba-tiba api membesar dari dari dalam.

Saat peristiwa terbakar, ia dan beberapa pengurus pasantren lainnya berada di los penjagaan.

"Akibat peristiwa tersebut kerugian yang kamk alami lebih dari Rp 100 juta," ucapnya.

Padahal, hari ini merupalam hari pertama santri mulai mondok kembali setelah libur sepuluh hari pascaujian smester ganjil.

Pihaknya, kata dia, memang sedang mempersiapkan segala kebutuhan untuk kembali belajar para santri, namun nahas kebakaran terhadap salah satu barak dari lima barak terbakar.

"Untuk korban jiwa memang tidak ada, karena belum ada santri yang masuk. Para santri yang baraknya terbakar akan kami tempatkan dibarak lain," sebutnya.

Komentar

Loading...