Bappenas dan Kemenkop Kunjungi Desa Nilam Geunara Aceh Besar

Bappenas dan Kemenkop Kunjungi Desa Nilam Geunara Aceh Besar
Tim Bappenas dan Kemenkop mengunjungi Desa Wisata-Inovasi Nilam di Geunteut-Lhoong Aceh Besar. Foto: ARC-PUIPT.

ACEH BESAR - Dalam rangkaian kunjungan untuk Major Project Nilam Aceh, Bappenas dan Kemenkop mengunjungi Desa Wisata-Inovasi Nilam di Geunteut-Lhoong Aceh Besar. 

Desa ini dalam beberapa bulan terakhir dijadikan binaan oleh ARC-PUIPT Nilam Aceh Universitas Syiah Kuala (USK) dengan nama Geunara (Geunteut Nilam Aceh Raya) untuk mengembangkan program inovasi nilam secara terpadu dari hulu sampai ke hilir atau from seed to seal (dari bibit hingga produk akhir dengan kemasan). 

Ada beberapa program yang saat ini dilaksanakan di Geunara, yaitu pembibitan nilam di bawah koordinator Prof. Rina Sriwati yang didukung oleh LPPM USK dan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Selanjutnya, program Fertigasi Nilam (Feritilisasi Irigasi), Koordinator Dr. Farid Mulana juga dengan dukungan BRIN, Rumah Kompos, koordinator Dr. Essy Harnelly juga dengan dukungan BRIN, Unit Penyulingan, Koordinator Dr. Suhrawardi Ilyas dengan dukungan ARC dan BRIN.

Kemudian berbagai program pelatihan dengan koordinator Suraiya Kamaruzzaman seperti pelatihan pembibitan, budidaya, panen dan pasca panen, penyulingan, pengembangan produk turunan,  penguatan kelembagaan petani. 

Selain itu juga ada program Dukungan biaya kerja dan pembelian minyak nilam dari Koperasi Inovasi Nilam Aceh (Inovac) serta program desa wisata (Deswita) Nilam di bawah koordinator Frisca Erwan.

Ely Dinayanti dari Bappenas menyampaikan apresiasinya dengan sambutan dan antusias masyarakat dalam menjalankan program bersama ARC. Bappenas dan Kemenkop ingin melihat dari dekat potensi dan program nilam yang selama ini sudah dijalankan di Aceh serta ingin mendeteksi problem apa yang dihadapi dan bagaimana kemungkinan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Selanjutnya...
Halaman 123
Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini