Unduh Aplikasi

Banyak Tim Banyak Biaya

Banyak Tim Banyak Biaya
Ilustrasi: pinterest.

KETIMBANG membentuk tim lain untuk mengawasi pelaksanaan syariat Islam di Banda Aceh, pemerintah kota seharusnya memaksimalkan peran aparatur yang ada. Tinggal menambah personil yang diambil dari setiap gampong.

Pemerintah Kota Banda Aceh berencana membentuk Tim Terpadu Penegakan dan Pengawasan Syariat Islam (T2PSI). Tim ini diklaim akan mengawal penegakan syariat Islam. Pemerintah kota mengklaim pembentukan tim ini berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Aceh Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam.

Tim ini juga akan bekerja berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Banda Aceh tentang Pemberikan Tim Terpadu Penegakan dan Pengawasan Syariat Islam Kota Banda Aceh Tahun 2021 Nomor 77.

Tim ini juga dibentuk sesuai dengan Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam, serta Qanun Aceh Nomor Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat.

Namun pemerintah kota juga menilik aturan lain, seperti tentang gampong yang tertuang dalam Qanun Nomor 1 Tahun 2019 tentang Gampong. Aturan ini juga memberikan wewenang kepada gampong untuk mengawasi pelaksanaan syariat Islam.

Dengan memaksimalkan peran pemerintah gampong, beban kerja pemerintah kota tak lagi berlebihan. Pemerintah, lewat dinas-dinas terkait, cukup mengawasi dan menjalani fungsi koordinasi dan konsolidasi.

Menambah tim tentu saja menambah anggaran. Padahal, saat ini banyak kebutuhan yang lebih mendesak. Bukan berarti syariat Islam tidak penting. Yang tidak penting itu adalah membentuk tim yang tugasnya bisa tumpang tindih dengan perangkat yang sudah diatur dalam aturan sebelumnya. 

Pemerintah kota seharusnya perlu mendidik kader-kader masyarakat di gampong agar lebih bijak dalam melaksanakan syariat Islam. Termasuk saat mendapati pelanggar syariat Islam. Orang-orang di gampong juga memiliki pemahaman lebih ketimbang orang luar tentang kampung mereka. 

Tinggal pemerintah kota mengalokasikan dana untuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas mereka. Ini lebih masuk akal ketimbang membentuk tim baru yang belum teruji kemampuannya. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...