Unduh Aplikasi

Banyak Tenaga Medis Terpapar Corona, IDI Aceh Sarankan Evaluasi SOP

Banyak Tenaga Medis Terpapar Corona, IDI Aceh Sarankan Evaluasi SOP
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kasus penyebaran virus corona (Covid-19) Aceh terus bertambah, hingga hari ini sudah mencapai 80 orang yang tersebar di beberapa kabupaten/kota se Aceh.

Dari 80 kasus tersebut, ada 13 tenaga medis, diantaranya dua dokter umum yang bertugas di RSUD Meuraxa Banda Aceh, dan satu dokter dari Aceh Tamiang.

Kemudian, juga ada sepuluh perawat yang tertular, yakni tujuh yang bertugas di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, dua di salah satu Puskesmas di Aceh Tamiang dan satu perawat RS Bhayangkara Banda Aceh.

Terkait kasus Covid-19 Aceh ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh, Safrizal Rahman melihat perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan di fasilitas kesehatan selama ini.

"Mari kita evaluasi secara menyeluruh, bagaimana protap yang di fasilitas kesehatan, kita perbaiki dulu, ketatkan lagi," kata Safrizal Rahman saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/6).

Safrizal mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan para tenaga medis tertular virus corona tersebut, apakah dari pasien, atau bisa saja dari kehidupan sehari-hari. Apalagi kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan juga sangat rendah.

"Artinya, ada sistem yang barang kali tidak dikerjakan dengan baik, sistem kita harus dievaluasi. Termasuk upaya screening awal untuk memperjelas pasien apakah ada Covid-19 atau tidak. Kelemahan kita, SOP susah dijalankan dengan baik dan benar," ujarnya.

Karena itu, Safrizal mengimbau semua tempat fasilitas kesehatan untuk mengevaluasi penerapan SOP penanganan pasien, sehingga bisa dilaksanakan secara baik dan benar. Upaya ini perlu dilakukan guna menghindari kemungkinan tertularnya tenaga medis dari virus tersebut.

"Karena, dengan proteksi yang sangat kuat serta disiplin saja masih ada kemungkinan tertular, apalagi kalau tidak dijalankan secara baik," tutur Safrizal.

Seperti diketahui, secara kumulatif, jumlah pasien positif corona di Aceh sudah mencapai 80 orang. Rinciannya 25 orang sudah dinyatakan sembuh, dalam perawatan 52 dan pasien meninggal dunia tiga orang.

Komentar

Loading...