Unduh Aplikasi

Banyak Pedagang dan Pembeli di TPI Lampulo Tak Patuhi Prokes

Banyak Pedagang dan Pembeli di TPI Lampulo Tak Patuhi Prokes
Suasana TPI Lampulo. Foto: AJNN/Melli Saputri

BANDA ACEH - Penerapan protokol kesehatan seolah tidak berlaku di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh. Dari ratusan nelayan dan pedagang ikan di sana, hanya sedikit yang memakai masker, para pembeli juga terlihat banyak yang tidak menggunakan masker.

Salah satu penjual ikan di TPI Lampulo, Muslim mengatakan, dari banyaknya orang hanya beberapa saja yang peduli terhadap protokol kesehatan karena faktor pekerjaan.

Pemerintah juga sudah berupaya untuk memfasilitasinya namun pekerjaan yang seperti itu sulit menerapkannya prokes.

"Dari dua ribu orang hanya 100 orang peduli terhadap protokol kesehatan karena pekerjaan kami sendiri seperti ini. Dan pemerintah sudah berupaya untuk memfasilitasi kami, namun memang seperti ini kegiatannya dan tidak ada kendala apa pun untuk saat ini," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Ilyas Yunus mengatakan, banyaknya orang yang tidak memakai masker bukan hanya di Lampulo saja, namun di tempat penampungan Ikan daerah lain juga sama.

"Bukan mereka tidak melaksanakan protokol kesehatan namun karena keadaan. Kita juga bekerja sama dengan Polair untuk mengawasi masyarakat dalam menggunakan masker. kita juga mengadakan razia masker di depan gerbang pelabuhan dan tidak mungkin juga kami menjaga mereka 24 jam,"katanya.

Selain itu, kata dia, Pemerintah juga melakukan sosialisasi penerapan prokes melalui spanduk di pelabuhan.

|MELLI SAPUTRI

HUT Pijay

Komentar

Loading...