Unduh Aplikasi

Banyak Dukungan kepada Marniati dan Adnan Beuransyah Bermasalah

Banyak Dukungan kepada Marniati dan Adnan Beuransyah Bermasalah
Anggota KIP Banda Aceh. Foto: Mitro Heriansyah
BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan Banda Aceh menemukan banyak dukungan tidak sah. Hasil verifikasi administrasi KIP Banda Aceh, terhadap dukungan dua pasangan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota jalur independen, menemukan banyak dukungan ganda dan tidak memenuhi syarat.

Komisioner KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwady, menyebutkan setelah memverifikasi kesesuaian dukungan dengan bukti pernyataan dukungan pasangan Marniati dan Amiruddin Usman Daroy, ditemukan 639 yang tidak memenuhi syarat. Hanya 6.541 yang memenuhi syarat dari data awal 7.180.

Sedangkan dalam berkas dukungan pasangan Adnan Beuransyah dan Umar Rafsanjani ditemukan sebanyak 1.680 tidak memenuhi syarat. Sebanyak 7.048 dinyatakan memenuhi syarat dari jumlah sebelumnya 8.728 dukungan.

Dalam Verifikasi tiga fase yang dilakukan menggunakan sistem informasi pencalonan ini, ditemukan beberapa faktor sehingga tidak memenuhi syarat, “seperti data KTP tidak berada di gampong yang disebutkan,” kata Indra saat menggelar konferensi pers di Kantor KIP Kota Banda Aceh, Selasa (23/8).

Sementara untuk verifikasi tercantum atau tidaknya dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4), lanjut Indra, sebanyak 577 dukungan pasangan Marniati-Amiruddin dinyatakan tidak tercantum dalam DPT/DP4. Dan sebanyak 768 dukungan dari Adnan-Umar dinyatakan tidak tercantum di DPT/DP4.

Kendati demikian, Indra menyebutkan KIP Kota Banda Aceh akan melakukan klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memeriksa ulang data dukungan yang tidak tercantum dalam DPT/DP4.

Usai proses verifikasi, dugaan dukungan ganda kedua pasangan, ditemukan sebanyak 1.926 KTP milik pasangan Marniati-Amiruddin ganda external. Sedangkan sebanyak 2.328 KTP pasangan Adnan-Umar dinyatakan ganda external.

“Pasangan Adnan Beuransyah-Umar Rafsanjani juga ditemukan ganda identik. Ganda identik yang dihapus berjumlah 225 dan ganda identik yang tinggal yakni 209 KTP,” tambah Indra.

Selanjutnya, kata Indra, dukungan untuk calon perseorangan itu akan dilakukan verifikasi secara faktual ke seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat gampong. Verifikasi dilakukan selama 14 hari, mulai besok hingga 6 September 2016 mendatang.

Komentar

Loading...