Unduh Aplikasi

Banyak APK Disingkil Tak Sesuai Aturan

Banyak APK Disingkil Tak Sesuai Aturan
APK yang terpasang di Aceh Singkil tak sesuai tempat. Foto: Edi Putra

ACEH SINGKIL - Panitia pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Singkil meminta seluruh pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan Bupati/Wakil Bupati Aceh Singkil segera mencopot bahan kampanye dan Alat Praga Kampanye (APK) yang tak sesuai aturan.

Panwaslih menilai saat ini banyak ditemukan bahan kampanye dan APK yang menyalahi desain, jumlah, ukuran dan lokasi pemasangan sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.12 tahun 2016, sehingga panwaslih meminta paslon segera mencopotnya.

"Hasil pengawasan banyak APK yang tidak sesuai, kami sudah kirim surat kepada mereka untuk menertibkanya, kami beri waktu sampai 3x24 jam, dan surat itu sudah dikirim kemarin," kata Baihaqi Ketua Panwaslih Aceh Singkil, Jumat (23/12).

Baihaqi mengatakan, jika dalam waktu 3x24 jam sejak surat diterima oleh para pasangan calon, baik itu calon gubernur/wakil gubernur maupun calon bupati/wakil bupati tidak juga melakukan penertiban, maka APK yang menyalahi aturan akan ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama panwaslih dibantu oleh aparat kepolisian setempat.

"Kalau tidak ditertibkan sendiri, maka Satpol PP bersama kami panwaslih dan dibantu polisi yang akan menertibkanya," ujar Baihaqi.

Di Aceh Singkil sendiri saat ini banyak ditemukan APK baik itu milik paslon gubernur/wakil gubernur maupun calon bupati/wakil bupati yang tak sesuai aturan baik ukuran dan lokasi pemasangannya, bahkan jalan protokol yakni kawasan tertib lalulintas pun tak luput dari pemasangan baliho, spanduk, umbul-umbul maupun bendera partai pengusung para pasangan calon.

Komentar

Loading...