Unduh Aplikasi

Bantuan Tidak Merata, Manajemen Distribusi Harus Diperbaiki

Bantuan Tidak Merata, Manajemen Distribusi Harus Diperbaiki
Bantuan dari FISIP Unsyiah. Foto: ist

PIDIE JAYA - Keluarga Besar Fisip Universitas Syiah Kuala memberikan bantuan kepada korban bencana di Pidie Jaya. Gabungan pengurus BEM, DPM, Himpunan, UKM dan Ikatan Alumni Fisip Unsyiah ini menyambangi sejumlah titik pemukiman penduduk yang belum tersentuh bantuan.

“Kami datang ke Pante Breuh dan Pucok Limong, di Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya. Terlihat hanya satu tempat yang baru disambangi oleh tim bantuan,” kata Iqbal Ahmady, selaku perwakilan koordinator IKA FISIP Peduli Gempa Pidie Jaya, Senin (12/12).

Salah satu warga dihampiri adalah Roslina. Dia mengaku belum mendapat bantuan apapun dari pemerintah. Menurut dia, bantuan lebih banyak mengalir ke Meureudu dan posko-posko yang terletak di sisi jalan Medan-Banda Aceh.

Iqbal berharap manajemen distribusi bantuan diperbaiki agar bantuan ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh korban gempa. Apalagi, jumlah bantuan yang mengalir cukup besar.

"Seharusnya pihak yang terkait dapat mengurus semua bantuan dengan baik agar tidak menumpuk di satu tempat saja. Perlu ditata agar distribusi merata dan menjangkau daerah-daerah pelosok yang juga tak kalah parah kerusakannya akibat gempa Rabu pagi itu,” kata Iqbal.

Terpisah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirunding Meulaboh juga menyalurkan bantuan kepada korban gempa Pidie Jaya. Sumbangan yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan dari internal kampus itu.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Syamsuar menjelaskan bantuan yang terkumpul tersebut akan disalurkan bagi kampus Institut Agama Islam (IAI) Aziziyah yang berada di kompleks pasantren Budi Mesra, Samalanga, Bireun, serta bagi tiga keluarga mahasiswa STAIN Teungku Dirunding Meulaboh asal Pidie Jaya.

“Bantuan yang akan kita salurkan berupa uang tunai dengan total Rp 30 juta dan 20 paket lainnya yang terdiri dari beras, mie instan, telur dan pakaian bekas layak pakai. Akan disalurkan sesuai kondisi,” kata Syamsuar.

Bantuan juga akan diberikan kepada daerah dengan kerusakan terparah. “Bantuan kita antarkan hari ini. Selasa insya Allah akan disalurkan ke lokasi yang kita tentukan,” kata Abi--sapaan akrab Syamsuar.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...