Unduh Aplikasi

Bantuan Pemerintah Aceh untuk Dayah Tahun 2020 Menurun

Bantuan Pemerintah Aceh untuk Dayah Tahun 2020 Menurun
Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Sahridha. Foto: Ist

BANDA ACEH - Bantuan sosial dan hibah untuk dayah/pesantren di Aceh melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2020 menurun. Bahkan penurunan tersebut mencapai 10,77 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Sahridha mengatakan bantuan untuk dayah tahun 2020 Rp 512 miliar, sementara bantuan tahun 2019 mencapai Rp 574 miliar.

"Penurunannya 10,77 persen," kata Sahridha, Selasa (10/3).

Ia menjelaskan alasan penurunan itu dikarenakan keterbatasan dana yang dialokasikan dalam APBA 2020, dan ada beberapa dayah/pesantren yang tidak memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan.

"Ada beberapa alasan kenapa anggaran itu berkurang, mulai dari alokasi anggaran yang kurang dan ada dayah-dayah yang tidak memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pihaknya sedang merancang pembentukan Badan Akreditasi Dayah (BADA), yang merupakan amanah dari Qanun No 09 Pergub No 64 tahun 2019. Tujuan pembentukan badan tersebut untuk mengakreditasi seluruh dayah/pesantren yang ada di Aceh.

"Target BADA akan terbentuk April ini," jelasnya.

Setelah BADA ini terbentuk, ia berharap agar seluruh dayah/pesantren yang ada di Aceh bisa segera terakreditasi. Sehingga setiap adanya bantuan dari pemerintah, bisa disalurkan ke dayah-daya tersebut.

"Intinya kami tetap akan menyalurkan bantuan untuk dayah setiap tahun. Salah satu target dari RPJM yaitu untuk mengakreditasi seluruh dayah yang ada di Aceh," ujarnya.

Muhammad Farhan Abdillah
Penulis adalah peserta pelatihan jurnalistik dan magang santri yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Dayah Aceh

Komentar

Loading...