Unduh Aplikasi

Banjir, Warga Menjala Ikan di Depan Kantor Bupati

Banjir, Warga Menjala Ikan di Depan Kantor Bupati
Warga sedang menjala ikan di depan Kantor Bupati Aceh Singkil. Foto: Edi Putra

ACEH SINGKIL -  Bencana Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil tak lantas membuat warga korban banjir menyerah begitu saja dalam mengais rezeki, selalu ada hikmah dibalik bencana.

Salah satunya dengan menjala ikan digenangan banjir, pemandangan itu terlihat di sepanjang jalan ketapang indah hingga di jalan protokol depan Kantor Bupati Pulau Sarok, Kecanatan Singkil, badan jalan menjadi lahan menjala bagi puluhan warga.

Salah satunya Ogek, warga Singkil ini memanfaatkan air yang menggenangi jalan protokol tepat di depan kantor bupati sebagai arena menjala ikan, hasilnya pun lumayan setiap kali jala di tebar ada saja ikan yang didapat.

"Iya, ini lumayan juga, banyak ikanya, ikan sepat siam, nila dan macem-macem," kata Ogek, Rabu (30/11) sore.

Tak hanya dengan jala warga menangkap ikan, tangguk sampai tudung saji pun dijadikan warga sebagai alat menangkap ikan yang banyak menyebrang bersama derasnya arus banjir yang menggenangi badan jalan lintas nasional Singkil-Subulussalam.

Hasil tangkapan ikan, jika ada yang berminat akan dijual oleh warga, namun ada juga yang dikonsumsi sendiri bersama keluarganya, tergantung sedikit banyaknya hasil tangkapan yang diperoleh.

"Tidak tentu juga ada yang bisa dapat sampai 4 kg, ada yang cuma beberapa ekor, tergantung rezeki, pokoknya ada ikan yang lewat terseret air kami jala atau pakai tangguk, itu ada juga pakai jaring, dari pada tidak ada kegiatan," kata Irul warga lainya.

Sementara itu banjir yang menggenagi Kecamatan Singkil, Kamis (1/12) pagi ini belum banyak mengalami perubahan, ketinggian air di jalan protokol berkisar 30 sampai 40 cm, sedangkan dipemukiman warga dan badan jalan nasional kawasan desa ujung bawang ketinggian air mencapai 80 sampai 100 cm.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...