Unduh Aplikasi

Banjir Sepinggang Pria Dewasa, 349 Jiwa di Nagan Raya Terkurung Banjir

Banjir Sepinggang Pria Dewasa, 349 Jiwa di Nagan Raya Terkurung Banjir
Banjir merendam areal persawahan di Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda
NAGAN RAYA – Sekitar 349 jiwa warga Gampong Alue Siron, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, terkurung banjir. Ketinggian air yang mencapai pinggang orang dewasa itu membuat mereka terisolir sejak Kamis lalu.

Satu-satunya akses masuk dan keluar ke desa itu hanya menggunakan perahu kayu. Setiap hari, penduduk menumpang para pemilik perahu menuju pasar. Beruntung, mereka semua menempati rumah-rumah panggung, sehingga banjir tidak masuk menggenangi rumah mereka.

“Jalan biasa tidak bisa dilalui. Kalau ke Tadu harus pakai perahu,” kata Keuchik Alue Siron, Angkasah, kepada AJNN, Jumat (26/8).

Kampung itu terletak di kawasan rendah yang kerap mengalami banjir jika musim penghujan tiba. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari bibir pantai. Mereka yang hendak ke Pasar Tadu, yang berada di kawasan pantai, harus bergantian.

Banjir menyebabkan aktivitas belajar mengajar di sekolah diliburkan, sejak air menggenangi kawasan itu. Tingginya air di kawasan tersebut juga menggenangi sekitar 10 hektare areal persawahan. Banjir menyebabkan mereka terancam gagal panen.

“Di sejumlah sawah, padi sudah memasuki masa panen. Bahkan ada yang sedang memanen padi,” kata Angkasah. “Selain padi, area perkebunan jagung seluas 3 hektare juga tergenang.”

Di kampung itu terdapat sekitar 25 rumah dari dua dusun dengan jumlah kepala keluarga mencapai 86 atau sekitar 349 jiwa. Pihak desa telah melaporkan kejadian ini kepada pemerintah setempat. Badan kebencanaan daerah juga telah berupaya menyalurkan bantuan kepada para penyintas.

“Kami sedang dalam perjalanan menuju Alue Siron,” kata seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nagan Raya.

Komentar

Loading...