Unduh Aplikasi

Banjir Rendam Lapas Lhoksukon, Begini Kondisi Warga Binaan

Banjir Rendam Lapas Lhoksukon, Begini Kondisi Warga Binaan
Kondisi saat banjir merendam Lapas Lhoksukon. For AJNN

ACEH UTARA – Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara sejak sepekan terakhir, juga ikut merendam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lhoksukon.

Sebelum surut, ketinggian air di Lapas tersebut mencapai dua meter dan di dalam ruangan kantor sekitar 60 sentimeter.

“Sampai hari ini kondisinya aman dan kondusif, meskipun banjir sempat merendam, Alhamdulillah hari ini sudah mulai surut,” kata Kepala Lapas Lhoksukon, Yusnaidi kepada AJNN, Kamis (10/12).

Kata Yusnaidi, dirinya dan petugas Lapas, hingga hari ini masih stay di kantor dan menjadikan ruangan sebagai tempat pengungsian sementara. Pasalnya, rumah dinas ikut terendam banjir.

“Namun demikian kita terus memantau apakah ketinggian debit air bertambah atau gimana, jika bertambah kita pindahkan warga binaan,” ujarnya.

Sambung Yunaidi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Aceh Utara dan Kejaksaan Negeri Aceh Utara, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka sudah menyediakan armada.

“Akan tetapi, Alhamdulillah warga binaan tidak perlu mengungsi, dan tidak sembarang mengungsi, bukan seperti kita, nanti mereka malah mengungsi ke tempat lain,” tuturnya dengan ketawa kecil.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, pihaknya juga sudah membersihkan parit. Sehingga jika hujan mengguyur, saluran parit juga sudah lancar.

“Kita sempat terkendala makanan dan air besih beberapa hari lalau, karena PDAM dan Listrik padam, dan kitra mencari solusi lain, dengan menjemput makanan dan air minum menggunakan boat karet milik BPBD,” jelasnya.

Lanjut Yusnaidi, untuk bantuan masa panik pihaknya sudah menerima dari pemerintah daerah dan sejumlah lembaga serta intansi.

“Namun, jika ada yang ingin menyumbang makanan, kirta tetap menampung, karena walaupun satu butir telur sanga bermanfaat untuk warga binaan di Lapas,” imbuhnya.

Komentar

Loading...