Unduh Aplikasi

Banjir Rendam Aceh Jaya, Jumlah Korban Mencapai 4.000 Orang

Banjir Rendam Aceh Jaya, Jumlah Korban Mencapai 4.000 Orang
Banjir di Aceh Jaya.

ACEH JAYA - Hujan deras yang melanda Aceh Jaya sejak kemarin hingga malam ini mengakibatkan empat kecamatan dan 27 desa di daerah itu terendam banjir. Ketinggian air mencapai 70 sentimeter hingga 1,5 meter.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Jaya, Rinbawan mengatakan, data sementara penyintas banjir tersebut mencapai 1.299 kepala keluarga atau sebanyak 4.427 jiwa.

“Delapan desa di dua kecamatan terisolasi sehingga tidak dapat dilintasi kendaraan. Saat ini tercatat sekitar 50 kepala keluarga atau sekitar 100 jiwa mengungsi,” kata Rinbawan, Senin (7/11).

Di Kecamatan Jaya dua tercatat dua desa terendam, yakni Lamdurian, dan Cot Dulang Putu. Di Kecamatan Sampoinet meliputi Alue Groh, Ligan dan Ranto Saboen, Seumantok, Krueng Ayon, Cot Punti, Ie Jeureuneh.

Untuk titik pengungsian, kata Rinbawan, berada di beberapa tempat yang lebih tinggi, seperti di daerah bukit, jembatan dan sebagian besar mereka mengungsi ke Puskesmas Gunong Tinggi, Desa Ligan.

Penyebab banjir yang merendam sejumlah kecamatan tersebut akibat dari luapan Krueng Lambeuso di Lamno dan Krueng Ligan dan Alue Groe. Sedangkan di Kecamatan Darul Hikmah, desa-desa terendam akibat luapan Krueng Masen.

“Untuk kecamatan Indra Jaya itu disebabkan oleh luapan sungai-sungai kecil yang ada di daerah itu. Meluapnya sejumlah sungai tersebut lebih disebabkan oleh meningkatnya debit air akibat hujan deras sejak kemarin malam,” kata Rinbawan. Hingga berita ini diunggah, BPBK Aceh Jaya berupaya mengevakuasi warga terisolir.

Komentar

Loading...