Unduh Aplikasi

Banjir Rendam 406 Rumah di Aceh

Banjir Rendam 406 Rumah di Aceh
Ilustrasi. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat banjir telah merendam 406 rumah di 61 desa di Aceh, menyusul hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang terus mengguyur daerah tersebut hampir sepekan.

Kepala pelaksana BPBA, Sunawardi menyebutkan 61 desa yang mengalami banjir di tujuh kecamatan yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Singkil, Simeulue, Aceh Utara dan Bireuen.

"Data yang kami terima tadi malam, banjir dengan ketinggian air bervariasi, ada yang mencapai ketinggian satu meter," kata Sunawardi, Jumat (25/10).

Sementara wilayah yang terparah terendam air akibat banjir terjadi di wilayah Barat Selatan, sementara untuk wilayah Aceh Utara dan Bireuen merupakan banjir kiriman dari luapan sungai yang debit airnya melonjak imbas hujan deras.

"Yang terparah di Simeulue dengan delapan kecamatan mengalami banjir. Banjir yang terjadi di Aceh juga merendam empat sekolah, satu sarana ibadah, dua sarana kesehatan dan dua jembatan, banjir berdampak pula pada 3.576 warga pada 1.476 KK," sebutnya.

Dari data Pusdalops BPBA menyebutkan telah terjadi delapan kali banjir dengan total kerugian di prediksi mencapai Rp1,1 miliar.

"Ini masih perkiraan sementara kita, bisa saja bertambah kerugian akibat banjir ini," katanya.

Pihak BPBA, kata Sunawardi akan terus melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan pemantauan serta berkoodinasi dengan muspika setempat guna melakukan penangganan awal masa panik.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak kabupaten kota terkait kebutuhan-kebutuhan penangganan banjir tersebut," ungkap Sunawardi.

Komentar

Loading...