Unduh Aplikasi

Banjir Masih Genangi Pemukiman, Ratusan Warga Cot Amun Masih Mengungsi

Banjir Masih Genangi Pemukiman, Ratusan Warga Cot Amun Masih Mengungsi
Anak-anak sedang bermain air di halaman rumah warga Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Sebanyak 61 Kepala Keluarga (KK) atau 250 jiwa warga Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis (18/10) masih mengungsi lantaran banjir dari luapan Sungai Meureubo masih menggenangi pemukiman mereka.

Dari pantauan AJNN, warga desa tersebut masih bertahan di Tempat Evakuasi Sementara (TES) desa tersebut, kebanyakan dari mereka merupakan kaum perempuan dan anak-anak.

Mahmud (60), salah satu penyintas banjir mengatakan telah mengungsi ke TES setempat sejak sepekan terakhir, lantaran ketinggian air ditempat mereka hampir mencapai satu meter.

“Untuk saat ini air yang menggenangi pemukiman sudah muai surut dibandingkan biasanya. Kami mengungsi sudah sepekan, tiga hari lalu air memang sempat surut total, dan kami sudah pulang ke rumah. Tapi malamnya kembali hujan dan kami mengungsi kembali,” kata Mahmud.

Menurut Mahmud, kebanyakan warga yang mengungsi tersebut pada siang hari kembali kerumah masing-masing untuk melihat kondisi perabotan rumah tangga, dan sore hari akan berkumpul di balai TES.

Untuk bantuan, bagi warga yang mengungsi di TES tersebut masih aman lantaran pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan makanan seperti indomie, ikan kaleng dan beras.

“Kalau siang ada warga yang pulang sebentar melihat-lihat rumah, ketika malam nanti baru mereka kembali kesini,” ujarnya.

Dari pantauan AJNN dibeberapa kecamatan yang sebelumnya dilaporkan banjir mulai terlihat surut, seperti Kecamatan Woyla Barat, Arongan Lambalek, Woyla Timur, Woyla.

Meski demikian, sebagian ruas jalan masih digenangi air dan sulit dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat, seperti jalan lintas Samatiga-Woyla tepat di kawasan Deah dan Ateung Teupat.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Maimun, mengatakan dari 10 kecamatan yang dilanda banjir, hingga kini tinggal dua kecamatan yang masih dilanda Banjir.

“Ada dua kecamatan yang masih dilanda banjir yakni Samatiga dan Bubon, tapi saat ini laporan dari lapangan banjir sudah mulai surut,” kata Maimun.

Komentar

Loading...