Unduh Aplikasi

Banjir Landa Pidie, Puluhan Hektare Tanaman Padi Terendam

Banjir Landa Pidie, Puluhan Hektare Tanaman Padi Terendam
Tanaman padi di Gampong Cot Tengeh terendam banjir. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Puluhan hektar tanam padi di Gampong Cot Reng dan Gampong Cot Tengeh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie ikut terendam banjir akibat luapan air sungai (Krueng Teukah).

M Gadeng (50) warga Gampong Cot Teungoh kepada AJNN, Jumat (14/2) mengatakan, luapan air sungai Krueng Teukah menyebabkan tanaman padi yang masih berusia satu bulan lebih terendam banjir serta puluhan rumah ikut terendam.

“Jika  dalam satu pekan ini air tidak kunjung surut maka dikuatirkan tanaman padi akan mati, karena pada tahun lalu pernah mengalami gagal panen karena tanaman padi mati,” ujarnya.

Baca: Puluhan Rumah Warga di Pidie Terendam Banjir

Meluap air sungai Krueng Teukah, menurut M Gadeng, karena kondisi sungai sudah dangkal, namun belum dilakukan upaya penanganan dari pemerintah seperti normalisasi. Padahal ketika banjir pada tahun 2019 lalu, pemerintah setempat sudah turun ke lokasi.

“Sudah pernah ditinjau langsung oleh Wakil Bupati Pidie  Fafhlullah TM Daud pada saat banjir tahun lalu, namun hingga memasuki tahun 2020 belum ada upaya penanganan,” kata M Gadeng seraya memperlihatkan bukti rekaman vidio di androidnya, pada saat Wakil Bupati Pidie meninjau lokasi banjir di Gampong Cot Tengeh pada tahun 2019.

Pihaknya berharap kepada pemerintah setempat agar  sungai tersebut dilakukan pengerukan karena kondisinya sudah dangkal.

Komentar

Loading...