Unduh Aplikasi

Banjir Landa Barat Selatan, TRK Minta Pemerintah Aceh Siaga

Banjir Landa Barat Selatan, TRK Minta Pemerintah Aceh Siaga
Anggota DPRA, Teuku Raja Keumangan. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

NAGAN RAYA - Dua kecamatan di Kabupaten Nagan Raya sejak Kamis (24/10) pagi dilanda banjir. Banjir yang melanda dua kecamatan di kabupaten tersebut disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi sejak sepekan terakhir, membuat sungai Krueng Lami Meluap.

Adapun dua kecamatan yang direndam banjir yaitu Kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmur. Ketinggian air yang melanda dua kecamatan tersebut diperkirakan sepanjang 50 centi meter atau selutut orang Dewasa.

Hingga saat ini dilaporkan, akibat banjir yang merendam sejumlah desa di dua kecamtan tersebut membuat warga desa setempat terkurung. Pasalnya sejumlah badan jalan di dua kecamatan itu direndam banjir sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/ Nagan Raya, Letnan Kolonel Inf Gurh Tjahyono, SIP, MI mengaku telah memerintahkan anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 06/Darul Makmur dan Posramil Tripa Makmur untuk untuk membantu warga disana.

“Kami minta pada anggota koramil 06/ Darul Makmur dan Posramil Tripa Makmur untuk fokus siaga disana dan membantu membenahi fasilias umum yang rusak,” kata Guruh.

Baca: Banjir Juga Landa Aceh Jaya, Akses Transportasi ke Pasie Raya Lumpuh

Ditambahkannya, akbat banjir yang melanda dua kecamatan tersebut, ketinggian air akan terus bertambah melihat kondisi cuaca yang terus mendung.

Sementara itu, Danramil 05/Darul Makmur Kapten Inf Amrin bahwa anggota TNI dari Koramil 06/Darul Makmur dan Posramil Tripa Makmur akan terus berada di lokasi membantu masyarakat hingga semua bisa berjalan normal sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali.

“Sesuai perintah Dandim Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, SIP, MI, Pol bahwa anggota akan terus berada dilokasi bencana membantu masyarakat sampai kembali normal sehingga dapat beraktifitas seperti biasa,” tandasnya.

Akibat banjir yang terjadi saban tahun itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) asal pemilihan Dapil XI, Teuku Raja Kemangan (TRK), mendesak Pemerintah Aceh segera mememukan solusi tepat dalam mengatasi banjir.

Dalam hal ini, TRK menyarankan Pemerintah Aceh melakukan pembersihan dan membangun tanggul guna menjaga debit air agar air tidak meluap ke pemukiman warga.

“Disamping itu Pemerintah Aceh saya untuk menyiagakan tim siaga bencana di wilayah-wilayah rawan bencana sepeti di Krueng Teunom, lintas Gunung Geurutee dan jalan lintas provinsi. Sebab dengan curah hujan yang tinggi, musibah tidak akan dapat di prediksi,” kata TRK.

Komentar

Loading...