Unduh Aplikasi

Banjir Gunong Pulo Air Hampir Capai Dua Meter, Warga Mulai Mengungsi

Banjir Gunong Pulo Air Hampir Capai Dua Meter, Warga Mulai Mengungsi
Warga saat menaiki sampan dalam rumahnya. Foto: Ist

ACEH BARAT - Banjir yang terjadi sepekan terakhir di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lamabalek, Kabupaten Aceh Barat dikabarkan semakin parah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh AJNN, banjir yang terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi selama dua pekan terakhir ini membuat sawah warga Desa Gunong Pulo terendam banjir.

Bukan hanya itu ternak milik warga desa itu juga terpaksa diungsikan ke gunung dan bukit sekitar desa tersebut, dampak lain juga telah melumpuhkan aktivitas warga di sana.

Sekretaris Desa Gunong Pulo, Bustami Salba, mengatakan kerugian masyarakat saat ini ditakair mencapai lima puluh juta rupiah.

"Dari delapan hektar lahan sawah dan perkebunan palawija di daerah kami, 70 persen atau seluas lima hektar direndam banjir. Sementara yang berkerja sebagai nelayan tidak dapat beraktivitas karena banjir sehingga tidak ada penghasilan" kata Bustami Salba, kepada AJNN, Kamis, (31/10)

Dikatakannya, banjir merendam pemukiman tersebut sudah terjadi hampir sepekan. Hingga saat ini ketinggian air di pemukiman warga mencapai 1,4 meter.

"Untuk korban terdampak sedikitnya ada 106 Kepala Keluarga atau 300 jiwa. Semua saat ini mengungsi ke rumah saudara mereka yang tinggal di beberapa desa tetangga seperti Ujong Simpang dan Peulanteu," ungkap Bustami.

Dikatakan Bustami, saat ini bantuan sudah mulai disalurkan baik oleh Palang Merah Indonesia Aceh Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Sosial.

Menurutnya bantuan yang disalurkan oleh ketiga lembaga atau instansi tersebut berbeda beda. Untuk PMI menyalurkan paket famili kit, BPBD berupa selimut dan matras, sedangkan dari Dinas Sosial berupa mukena, sajadah, sarden dan beberapa kebutuhan lainnya.

"Untuk kesehatan masyarakat saat ini stabil. Kemarin petugas dari Puskesmas juga datang memeriksa kondisi korban terdampak," ujarnya.

Komentar

Loading...