Unduh Aplikasi

Banjir di Singkil Rendam Enam Desa

Banjir di Singkil Rendam Enam Desa
Sejumlah warga sedang berusaha mengungsi ke tempat yang lebih aman mengunakan perahu. Foto: AJNN/Khairuman

ACEH SINGKIL - Banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter terjadi di kabupaten Aceh Singkil. Air banjir yang diakibatkan oleh luapan sungai Cinendang tersebut terjadi di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah. Di kecamatan Simpang Kanan, banjir melanda lima desa yaitu Ujung Limus,  Silatong, Lae Riman, Tanjung Mas dan desa Cibubukan. Sedangkan di kecamatan Gunung Meriah terjadi di Desa Cingkam. 

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Muhammad Ichsan melalui Pusdalop PB, Rosiana Kusuma Wardani kepada AJNN mengatakan bahwa banjir mulai terjadi pada pukul 05.00 WIB. Informasi yang diperoleh Rosiana dari laporan Camat Kecamatan Simpang Kanan bahwa sejak tadi pagi sampai saat ini, ketinggian air sudah mencapai 1 meter. Sedangkan banjir di Desa Cingkam Kecamatan Gunung Meriah terjadi sejak pukul 12.00 Wib dengan ketinggian mencapai 70 Centimeter atau setinggi dada orang dewasa.

"Faktor utama penyebab banjir karena meluapnya air sungai Cinendang akibat tingginya curah hujan mulai sejak kemarin," ujar Rosiana, Rabu (4/11/20200) di Singkil.

Rosiana juga menjelaskan bahwa kondisi aliran Sungai Cinendang masih satu arah dengan Sungai Soraya Subulussalm, Sungai Sulampi Kecamatan Suro, hingga Sungai Rintis Aceh Singkil yang muara berujung ke laut. Sampai saat ini jumlah korban terdampak masih dalam proses pendataan.

Namun menurut Rosiana tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Saat ini sebagian warga sudah mengungsi ketempat dataran lebih tinggi dan selebihnya masih ada yang tetap bertahan di rumah masing - masing.

Dari pantau AJNN, terlihat banjir merendam ribuan rumah permukiman yang terletak bantaran Sungai. Banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum dan jalan Nasional Singkil - Subulussalam di Desa Silatong, akibatnya, sejumlah Kendaraan roda 2 dan roda 4, sempat terjebak di badan jalan selama beberapa jam karena tidak bisa melintas akibat tinggi air. Namun menjelang sore hari, genangan banjir di jalan nasional berangsur-angsur mulai surut hingga mencapai 40 centimeter.

KHAIRUMAN

Komentar

Loading...