Unduh Aplikasi

Banjir di Kecamatan Lhong, Satu Warga Hilang Terseret Arus

Banjir di Kecamatan Lhong, Satu Warga Hilang Terseret Arus
Kondisi banjir di salah satu Gampong di Kecamatan Lhong, Aceh Besar. Foto: IST

ACEH BESAR - Musibah banjir melanda Kecamatan Lhong Aceh Besar. Banjir yang diakibatkan meluapnya air dari aliran Sungai Krueng Pudeng tersebut telah merendam sejumlah gampong dalam kemukiman Gle Bruek. 

Dalam musibah tersebut, seorang warga bernama Nurmala (65) yang beralamat Gampong Cirih, Kecamatan Ulee Kareung, Kota Banda Aceh dinyatakan hilang karena terseret arus sungai.

Saat dihubungi AJNN, Kalak BPBD Kabupaten Aceh Besar, Farhan AP mengatakan, pihaknya sedang melakukan rapat dengan pihak Muspika Kecamatan Lhoong, Basarnas dan sejumlah pihak lainnya.

Baca: Banjir Landa Lhong Aceh Besar, Tiga Gampong Terendam

Menurut Farhan AP, proses pencarian korban akan dilanjutkan besok pagi, sebab dengan kondisi malam dan cuaca yang masih hujan tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian.

"Pencarian sudah kita hentikan, karena mengingat cuaca yang tidak memungkinkan, jadi besok akan dilanjutkan pencarian korban," kata Farhan AP, kepada AJNN, Sabtu (27/3) dari lokasi Banjir.

Sebelumnya, Informasi yang diperoleh AJNN dari Imum Mukim Gle Bruek, M Hatta menyebutkan bahwa baru ada tiga gampong yang terdampak banjir . Gampong tersebut yaitu Gampong Pudeng, Gampong Pasi dan Gampong Meunasah Lhok.

"Banjir terjadi mulai pukul 14.30 WIB dan sampai saat ini air masih mengenangi daerah kami," ujar M Hatta kepada AJNN, Sabtu (27/3/2021) dari Lhong. 

M Hatta berharap agar Pemerintah Aceh Besar dan Pemerintah Aceh dapat segera merespon musibah yang menimpa wilayah Lhong tersebut. Dirinya memperkirakan akan ada pengungsian jika air bertambah naik 

"Kami perkirakan masyarakat akan mengungsi jika air bertambah naik karena curah hujan tinggi (deras)," kata M Hatta. 

Sementara itu sumber Pusdalops PB BPBD Kabupaten Aceh Besar menyebutkan bahwa banjir yang terjadi di Kecamatan Lhong telah mengenangi pemukiman dan lahan pertanian warga. 

Sampai saat ini pihak BPBD Aceh Besar masih terus mendata dampak dan kerugian akibat dari peristiwa banjir tersebut. BPBD Kabupaten Aceh Besar POS Lhong terus melakukan pemantauan dan melakukan pengecekan bersama unsur kecamatan di sejumlah titik lokasi banjir. 

Pemantauan banjir ini turut dibantu oleh TNI (Koramil), Polri (Polsek) setempat, Muspika Kecamatan Lhoong, RAPI Aceh Besar dan masyarakat setempat.

Komentar

Loading...