Unduh Aplikasi

Banjir di Garut Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah

Banjir di Garut Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah
Air di ruas jalan Desa Garut mulai surut. Foto: AJNN/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Banjir yang merendam seribuan rumah di Kabupaten Aceh Besar sejak tiga hari kemarin sudah surut. Bahkan, sejumlah warga mulai membersihkan rumah mereka masing-masing.

Pantauan AJNN, sejumlah ruas jalan dan perumahan di daerah Desa Garut, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, sudah tidak lagi tergenang seperti tiga hari lalu.

Sebelumnya, air yang membanjiri Desa Garut itu mencapai satu meter lebih. Namun, kini sudah mulai surut, ketinggian air hanya tinggal beberapa centimeter lagi dari dasar rumah.

Salah seorang warga Desa Garut, M Diah mengatakan, air mulai surut sejak Minggu malam, 10 Mei 2020 sampai hari ini. Untuk rumah warga yang tinggi sudah tidak tergenang lagi.

"Air mulai surut sejak kemarin magrib. Tapi rumah rendah masih berair. Karena waktu pertama banjir daerah rendah airnya sampai dada dan leher orang dewasa," kata M Diah saat ditemui wartawan, Senin (11/5).

Karena air sudah surut, kata Diah, warga yang sempat mengungsi di SD Negeri setempat, sudah mulai membersihkan rumah mereka.

"Ada masyarakat sudah pulang bersih-bersih rumah, kecuali yang rumahnya rendah, masih tegenang air belum dibersihkan," ujarnya.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Aceh Besar sejak tanggal 7 sampai 8 Mei 2020 membuat rumah rumah masyarakat di kawasan tersebut terendam banjir.

Masyarakat di sana telah dievakuasi ke tempat lebih aman dan juga banyak yang sudah mengungsi yang terpusat di SD Negeri setempat.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, korban banjir di sana secara keseluruhan mencapai 1.193 Kartu Keluarga (KK).



Komentar

Loading...