Unduh Aplikasi

Banjir di Aceh Barat Terus Meluas, Jumlah Desa Terendam Capai 71 Desa

Banjir di Aceh Barat Terus Meluas, Jumlah Desa Terendam Capai 71 Desa
Kondisi banjir di Aceh Barat. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Banjir yang disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi selama dua hari terakhir sejak Senin (27/7) dan Selasa (28/7) di Kabupaten Aceh Barat, menyebabkan meluapnya dua sungai besar yakni Sungai Meureubo dan Woyla.

Meluapnya dua sungai itu membuat 10 kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Barat, dengan jumlah desa yang terendam mencapai 71 desa dari 322 desa di kabupaten itu.

Data sementara yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh pada Selasa (28/7) malam, jumlah korban terdampak mencapai 2,138 Kepala Keluarga (KK).

Dari data tersebut, banjir terparah terjadi di Kecamatan Kaway XVI dengan jumlah desa yang terendam banjir mencapai 25 desa meliputi Desa Pasi Jambu, Alue Tampak, Meunasah Buloh, Padang Mancang, Mesjid, Muko, Keude Aron, Meunasah Rayeuk, Peunia, Tumpok Ladang, Meunasah Ara, Teupin Panah, Meunasah Rambot, Tanjong Bungong, Pasi Teungoh, Putim, Marek, Padang Sikabu, Drien Caleu, Alue Lhee, Simpang, Alue On, Pasie Jeumpa, Puuk, dan Beureugang.

Untuk Kecamatan lainnya yang direndam banjir yakni Kecamatan Woyla Barat dengan jumlah desa yang terendam sebayak sembilan desa meliputi Desa Blang Luah, Blang Cot Rubek, Blang Cot Mameh, Blang Cot Luah, Napai, Pasi Mali, Lhok Mane, Cot Rambung dan Kulam Kaju.

Di Kecamatan Woyla Timur banjir juga merendam sembilan desa meliputi Desa Blang Dalam, Blang Makmu, Baro KB, Alue Meuganda, Tuwi Eupeuk, Awe Seuralen, Blang Luah, Gunung Panjang dan Alue Eumpeuk.

Sedangkan Kecamatan Woyla mereundam tujuh desa meliputi Desa Paya Luah, Lueng Jawa, Alue Sikaju, Lhung Teuku Yeh, Cot Murong, Cot Lagan, dan Cot Keumude.

Banjir juga merendam Kecamatan Samatiga dengan jumlah desa terendam sebanyak tiga desa meliputi Desa Cot Pluh, Pange, dan Cot Amun.

Untuk Arongan Lamabalek jumlah desa terendam bertambah dari sebelumnya hanya satu desa yakni Gunong Pulo, banjir juga merendam Desa Teupin Peuraho, Keub dan Peuribu.

Di Kecamatan Meureubo banjir merendam enam desa, yakni Desa Pasie Pinang, Ujong Tanjong, Ranto Panyang, Pasi Mesjid, Peunaga Rayeuk, dan Tumpok Ladang.

Sedangkan Kecamatan Johan Pahlawan banjir merendam Desa Leuhan, Gampa, Kuta Padang, Ujong Kalak, Ujong Baroh, Kampung Belakang, Suak Indrapuri, Lapang, dan Seuneubok.

Di Kecamatan Pante Ceureumen banjir terjadi di Desa Seumantok. Di Kecamatan Sungai Mas banjir dilaporkan merendam Desa Geudong, Tutut dan Tanoh Mirah.

Komentar

Loading...