Unduh Aplikasi

Bangun Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Gelar Simulasi di Putroe Phang

Bangun Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Gelar Simulasi di Putroe Phang

BANDA ACEH - Ratusan personil dari berbagai unsur diantaranya IOF, BPBD PMPB Pemko Banda Aceh dan RAPI mengikuti simulasi penyelamatan korban banjir ditaman Putroe Phang Banda Aceh, Sabtu (3/12). Dalam simulasi, petugas diskenariokan berhasil mengevakuasi satu jenazah dan menyelamatkan korban banjir lainnya ke lokasi yang lebih aman setelah berkordinasi dengan posko penanggulangan bencana yang dibuka.

"Melalui simulasi ini kita ingin membangun sistem kesiapsiagaan dari semua unsur khusunya pemerintah dalam menghadapi bencana, karena Indonesia merupakan daerah rawan bencana," kata Santi Renhat Thamrin, fasilitator BNPB kepada wartawan usai simulasi.

Dengan kesiap-siagaan lanjutnya, semua unsur yang terlibat saat penanganan bencana dapat melakukan tugas-tugasnya dengan maksimal sehingga penanganan korban berjalan lancar.

"Kita tahu setiap intansi punya kapasitas dengan begitu harus ada upaya menyatukan kekuatan ini supaya tidak berjalan sendiri. Inikan ego sektoral sehingga keahlian itu tidak terpakai, karena dilapangan jadinya gontok-gontokan," katanya.

Menurut Santi semua unsur yang terlibat dalam penanganan bencana harus mengikuti standard prosedur penanganan bencana. Hal itu agar informasi dan komunikasi serta perintah operasi keluar dari satu posko.

"Sistem komando tanggap darurat bencana namannya, dimana semua unsur bergerak dibawah kendali satu posko. Jadi perintah operasi datangnya dari posko dan ini harus diterapkan dilapangan," ujarnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...