Unduh Aplikasi

Bangun Gedung Mapolres, Pemkab Pijay Usulkan Anggaran Rp 5 Miliar

Bangun Gedung Mapolres, Pemkab Pijay Usulkan Anggaran Rp 5 Miliar
Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA ‐ Sejak pemekaran dari Kabupaten Pidie pada tahun 2007 silam, Kabupaten Pidie Jaya belum memiliki Kepolisian Resor (Polres). Sehingga untuk mendapatkan pelayanan kepolisian, masyarakat setempat harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk sampai ke Mapolres Pidie yang berada di Sigli.

Sejatinya, Pemkab Pidie Jaya dari tahun 2011 telah menyediakan lahan untuk pembangunan Polres Pidie Jaya. Lahan itu terletak di jalan Banda Aceh-Medan, tepatnya di Gampong Teungkluet, Kecamatan Trienggadeng.

Informasi yang diperoleh AJNN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menyetujui usulan Polri terkait pembentukan Polres yang diajukan beberapa waktu lalu.

"Secara struktur sudah ada (Polres Pidie Jaya). Tapi dengan sendirinya pada tahun 2020 harus berdiri Mako, dalam hal ini juga perlu dukungan pemerintah daerah. Dalam APBK Pidie Jaya tahun 2020, kami mengusulkan Rp 5 miliar untuk pembangunan Mapolres Pidie Jaya," kata Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi via seluler kepada AJNN, Senin (11/11).

Usulan tahap awal itu sudah diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya.

Waled --sapaan Said Mulyadi--menjelaskan, Rp 5 miliar tersebut hanya untuk pembangunan tahap awal. Seterusnya, pemerintah setempat akan terus mengupayakan kelanjutan pembangunan Mapolres Pidie Jaya.

"Usulan Rp 5 miliar untuk pembangunan Mako itu sudah diajukan ke DPRK, tinggal menunggu pembahasan dengan dewan," jelas Waled.

Wabup Pijay menyebutkan, untuk bangunan sementara yang akan digunakan sebagai Mapolres Pidie Jaya, hal itu tergantung pihak kepolisian. Namun lanjutnya, Pemkab Pidie Jaya siap mendukung penuh kehadiran Polres Pidie Jaya.

"Untuk operasional sementara, itu tergantung di kepolisian, Pemkab Pidie Jaya siap mendukung apa yang dibutuhkan kepolisian untuk berjalannya Polres Pidie Jaya," sebutnya.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...