Unduh Aplikasi

Bangsa Bersumbu Pendek

Bangsa Bersumbu Pendek
Ilustrasi: tom's

KABAR tentang penolakan warga terhadap sejumlah tenaga medis di Banda Aceh harus segera dituntaskan. Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan kepolisian setempat perlu menelisik permasalahan ini dan segera menyelesaikannya tuntas.

Kemarin dikabarkan sejumlah tenaga medis di Aceh yang merawat pasien virus corona di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Mereka ditolak kembali ke kediaman oleh pemilik kos dan warga.

Padahal mereka telah menjalani seluruh standar penanganan Covid-19 dan dinyatakan sehat. Namun hal itu tak cukup. Masyarakat menganggap mereka berpotensi menebar virus mematikan itu.

Aksi provokasi menolak keberadaan para petugas medis yang menangani pasien corona tak boleh dibiarkan. Hal ini sangat bertentangan dengan akal sehat.

Masyarakat tak boleh bertindak hanya berdasarkan tuduhan dan prasangka buruk. Sebaliknya, para petugas medis ini harusnya mendapatkan perhatian karena rela mempertaruhkan keselamatan jiwa mereka untuk merawat orang yang terpapar corona.

Mereka yang selesai bertugas juga tetap diperiksa kesehatannya. Jika memang diduga tertular, para petugas medis tersebut akan mendapatkan perawatan sesuai standar yang berlaku di negeri ini.

Pemerintah juga harus memberikan kepastian keamanan terhadap seluruh warga negara. Jangan sampai, ulah segelintir orang di kawasan permukiman malah memperkeruh suasana dan menyebabkan penanganan corona menjadi lamban.

Masyarakat juga hendaknya tidak mudah terhasut. Setiap informasi yang ada hendaknya dicerna dengan baik sebelum menentukan sikap. Keputusan sekecil apapun, harus dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai corona menjadikan kita bangsa bersumbu pendek.

Komentar

Loading...